Peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) 2022 Ratusan Anak Kumpul di Sulut

Manado, PilarSulut.com – Peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) 2022 yang dipusatkan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai tuan rumah yang berlangsung pada 18-20 November 2022 dihadiri sekitar 400-an anak dari delapan negara di Asia.

“Sudah ada 200-an anak yang datang. Akan bertambah lagi sekitar 100 anak. Ini sesuai target dari nasional dan internasional yang mencapai 400-an anak,” katanya di sela-sela welcoming lunch, Jumat (18/11/2022).

Dipilihnya Sulut sebagai tuan rumah pelaksanaan HAS 2022, karena pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memilih Sulawesi Utara sebagai tuan rumah, karena Sulut merupakan daerah pariwisata dan contoh kerukunan.

“Ibu Menteri melihat di sini (Manado) merupakan destinasi pariwisata baru. Sulawesi Utara menjadi contoh bagi kerukunan. Ini yang ingin diperlihatkan kepada generasi muda kita, bagaimana kita menjaga bingkai NKRI,” ungkapnya.

Olly juga mengaku bersyukur HAS 2022 dilaksanakan di Sulut.

“Makanya saya sangat bersyukur,” tukasnya.

Acara welcoming lunch semakin marak karena para delegasi mengenakan pakaian adat khas daerahnya masing-masing.

Selain itu, mereka juga dimanjakan dengan penampilan budaya Sulut.

Seperti direncanakan, Pada Sabtu (19/11/2022), para delegasi akan diajak untuk mengunjungi Tomohon dan menikmati pariwisata di daerah tersebut.

“Kita juga melibatkan pemerintah daerah untuk menjamu anak-anak internasional. Jadi gotong royong. Bukan cuma provinsi (yang terlibat),” katanya.

Olly juga berharap semua pihak untuk terlibat dalam upaya memberantas kekerasan kepada anak dan perempuan.

Olly sempat menyinggung soal Peraturan Daerah (Perda) tolak kekerasan seksual dan Perda Pernikahan Dini.

“Kita sudah buat dan kita sosialisasikan ke masyarakat. Anak-anaklah yang harus memilih masa depannya, bukan kita. Harapannya semoga kekerasan terhadap anak dan ibunya tidak terjadi lagi,” tuturnya.

Adapun puncak Hari Anak Sedunia akan digelar pada Minggu (20/11/2022) di Pohon Kasih Komplek Megamas. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

HUT KORPRI Ke-51, Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Gerakan Marijo Bakobong dan ASN Menanam

Manado, PilarSulut.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara dalam rangka HUT ke-51 Korps Pegawai …