Pemprov Sulut Resmi Umumkan UMP Tahun 2023 Senilai Rp 3.485.000

Manado, PilarSulut.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Gubernur Olly Dondokambey pada hari ini, Senin 28 November 2022, secara resmi mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulut tahun 2023 senilai Rp 3.485.000 naik 5,24 persen.

Pengumuman UMP Sulut oleh Gubernur berlangsung di Halaman Kantor Pos Indonesia Wilayah Sulut, dan pada kesempatan itu juga dilakukan penyaluran bantuan subsidi upah tahun 2022.

Gubernur Olly mengatakan, penetapan UMP ini hal baik karena investasi di Sulut kondusif dan biasanya pengumuman UMP tempat lain didemo dan sulut tidak.

Gubernur berharap, dengan adanya kenaikkan maka para pekerja harus lebih efektif bekerja, dan pengusaha untuk ikuti aturan pemerintah dan sekaligus bagi investor yang datang pemerintah kawal investasi mereka.

Gubernur Olly juga menyatakan akan meningkatkan pengawasan dalam penerapan UMP dan pemberian sanksi bagi perusahaan yang tidak melaksanakan Peraturan Gubernur tersebut diserahkan kepada Instansi teknis yang membidangi ketenagakerjaan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Hal-hal menyangkut pengawasan dalam penerapan UMP dan pemberian sanksi bagi perusahaan yang tidak melaksanakan Keputusan Gubernur ini diserahkan kepada instansi teknis yanq membidangi ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Utara,” ungkap Olly.

Lebih lanjut, Gubernur Olly menerangkan bahwa ditetapkan UMP 2023 tersebut diharapkan para pelaku usaha dapat patuh pada peraturan ini dan bagi pekerja dapat meningkatkan produktivitas sehingga perusahaan berkembang dan mampu membayarkan upah kepada pekerja.

Hadir dalam penetapan UMP 2023 tersebut, Asisten I Denny Manggala, Kadisnakertrans Sulut Ir Erni Tumundo,  Kadisperindag Daniel Mewengkang  Dewan Pengupahan Sulut. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Sebut Tulude Telah Ada Ratusan Tahun dan Sangat Menginspirasi

Sangihe, PilarSulut.com – Hari ini dapat kita menyaksikan bagaimana tingginya Adat dan Peradaban warga masyarakat …