Presiden Jokowi beserta Rombongan Keliling Pulau Bunaken

Manado, PilarSulut.com – Ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA yang menyanyikan lagu “Kota Manado yang Kucintai”, saat tiba di Dermaga Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, Jumat (20/01/2023).

Rombongan Presiden Jokowi didampingi Gubernur Olly Dondokambey, tiba sekira pukul 09.20 WITA, di Dermaga Pulau Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi tampak bercengkerama dan juga sempat berfoto bersama dengan para pelajar tersebut.

Setelahnya, Presiden meninjau kawasan wisata Bunaken dan homestay yang ada di sana. Dalam peninjauannya tersebut, terdapat dua homestay yang dilihat secara langsung oleh Presiden Jokowi yakni Tuna Fish dan Cape of Sand. Presiden juga sempat berbincang dengan pemilik dari kedua homestay tersebut.

“Berapa harga sewa satu malam?” tanya Presiden. “Dua ratus ribu, Pak,” jawab Moty Mathias, pemilik homestay.

Setelah berkeliling melihat Kawasan Wisata Bunaken, Presiden Jokowi bersama rombongan sempat menikmati sajian air kelapa muda di warung Mikha di kawasan tersebut. Sekitar pukul 10.20 WITA, Presiden bersama rombongan kembali ke Kota Mando dengan menggunakan Kapal Motor Ultimate Victory.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Dalam kesempatan terpisah, para pemilik homestay tersebut mengungkapkan bahwa mereka bersyukur atas bantuan pemerintah yang telah membangun dan memperbaiki rumah tinggal mereka menjadi tempat penginapan.

“Bersyukur, terima kasih, karena diberikan homestay sehingga katu’ orang masyarakat bisa dapat bantuan rumah, sehingga perekonomian bisa dikatakan sudah bisa naik sedikit,” ucap Vonny Caroles, pemilik homestay Cape of Sand.

Selain itu, Vonny juga berharap agar ke depannya homestay miliknya sudah bisa beroperasi untuk menerima wisatawan menginap karena pariwisata di sekitar Bunaken juga sudah mulai terbuka.

“Mudah-mudahan ke depan kita sudah bisa terima tamu, karena katu’ sekarang belum terima, karena katu’ masih masa pandemi, mudah-mudahan ke depannya kita sudah bisa kan pariwisata sudah mulai terbuka dan kita sudah bisa menerima tamu,” harap Vonny.

Senada, Moty Mathias dan Caroles Konstans, pemilik homestay Fish Tuna juga bersyukur karena rumahnya yang sudah tua dapat diperbaiki oleh pemerintah dan menjadi sumber penghasilan bagi keluarganya.

“Kan rumahnya sudah bocor, sudah agak tua sekali, jadi senang terima dari Bapak Jokowi,” ujar Caroles. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Sebut Tulude Telah Ada Ratusan Tahun dan Sangat Menginspirasi

Sangihe, PilarSulut.com – Hari ini dapat kita menyaksikan bagaimana tingginya Adat dan Peradaban warga masyarakat …