Suport Festival Danau Tondano, Gubernur Olly: ini Berdampak Positif Terhadap Ekonomi

Minahasa, PilarSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengatakan terlaksananya Fastival Danau Tondano, kita harus bersyukur kepada Tuhan , sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik.

“Kita sudah melewati pandemi, sehingga bisa melakukan kegiatan ini, apa yang kita lakukan ini adalah inovasi untuk pariwisata. Dan saya ucapkan selamat kepada Pemkab Minahasa atas terselenggaranya kegiatan ini,” tegas orang nomor satu di Sulut itu.

Festival Danau Tondano dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 3-5 November 2022, yang sudah resmi dibuka Gubernur Olly , Kamis (3/11/2022), menampilkan sejumlah hal menarik seperti parade perahu hias, bendi hias serta bakar nasi jaha dan ikan woku.

Sementara itu, Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring, mengaku bersyukur karena dapat mengikuti acara festival Danau Tondano, yang sempat terhenti.

“Terima kasih atas dukungan pak Gubernur, Olly Dondokambey. Kegiatan ini boleh terlaksana dan masuk dalam 110 event pariwisata ekonomi kreatif, Kemenparekraf,” tegas Roring.

“Tujuan dari dilaksanakannya festival ini, adalah memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, jumlah wisatawan, investor, lapangan pekerjaan dan industri pariwisata bagi masyarakat sekitar,” paparnya.

Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandi Uno berkata, terselenggaranya festival ini dapat membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Minahasa.

“Berharap event ini dapat terus dilaksanakan dengan mengembangkan kualitas, dan lebih menarik, serta terapkanlah pariwisata dengan metode inovasi, adaptasi dan kolaborasi di Minahasa,” ungkap Sandiaga.

Direktur Infrastruktur Ekomomi Kreatif Kemenparekraf, Haryanto menyampaikan bahwa dalam setiap perhelatan penting dalam ekonomi kreatif selalu memunculkan seluruh potensi yang ada. Haryanto menyebutkan, Kemenparekraf selalu hadir dan menjadi bagian integral dari pariwisata Indonesia.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov Sulut, Pemkab Minahasa serta seluruh jajaran, pemangku kepentingan yang telah berkoloborasi memajukan pariwisata melalui event ini,” tutur Haryanto.

Menurutnya, Festival danau Tondano ini dilaksanakan dalam ragka mempromosikan danau terbesar di Sulut ini, dan satu dari 15 prioritas nasional. Lebih lanjut dia menjelaskan, wisata alam dan ragam potensi lainnya yang mejadi unggulan turut berkontribusi bagi masyarakat secara luas.

“Kami mengimbau bidang pariwisata untuk terus menciptakan inovasi, kolaborasi bersama kementrian dengan gerak cepat, gerak bersama, serta galang semua potensi lapangan kerja,” ujarnya.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya event ini, yang tentu dapat mengangkat kearifan budaya lokal dan memberikan dampak multi flayer kepada kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Sebut Tulude Telah Ada Ratusan Tahun dan Sangat Menginspirasi

Sangihe, PilarSulut.com – Hari ini dapat kita menyaksikan bagaimana tingginya Adat dan Peradaban warga masyarakat …