September Mendatang, RSUD ODSK akan Operasikan Alat Kesehatan Pendeteksi Penyakit Buatan Korsel

Manado, PilarSulut.com – Dalam waktu dekat ini akan datang alat dengan teknologi canggih, Telemedicine menggunakan konsep Metaverse.

“Kami akan ujicoba September mendatang, akan dipasang satu alat di RSUD ODSK dan satu lagi di Puskesmas Kolongan, Kamis (04/08/2022).

Ini adalah Komitmen Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK), dalam memajukan sektor kesehatan di Bumi Nyiur Melambai terus dilakukan.

Menurut Direktur RSUD ODSK dr Enrico Rawung, MARS mengatakan alat canggih itu memilki keunggulan. Yakni, pasien tak perlu berhadapan langsung dengan dokter. Cukup dengan alat yang berasal dari Korea Selatan (Korsel) ini, berbagai penyakit bisa dideteksi oleh dokter walaupun pelayanan jarak jauh.

Lanjut Enrico, dengan adanya konsep Metaverse, akan mewujudkan harapan gubernur terkait disparitas kesehatan di Sulut.

 

“Tahap awal kita fokus daerah terpencil seperti di Miangas, Marore karena di sana sulit ada dokter. Ya, terbatas masalah geografis,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Bila konsep itu berhasil, akan diimplementasikan ke semua rumah sakit di Sulut.

Menariknya, program tersebut tidak dibiayai oleh APBD. “Tidak ada satu persen dari APBD. Ini semua disupport Pusan National University Hospital,” ungkapnya.

Terwujudnya program ini atas lobi Gubernur Olly Dondokambey saat bertemu dengan Pakar Antiaging Korea Selatan (Korsel), Yung Soon Moon, Rabu (10/05/2022).

“Ini sebagai tindak lanjut pak gubernur bertemu dengan Mr Moon pada Mei lalu di Seoul. Mr Moon lanjut datang ke sini minggu lalu. Kemudian saat ini Pusan National University Hospital yang datang berkunjung uji coba teknologi baru itu,” tuturnya. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Percepat Realisasi APBD, Kemendagri Ingatkan Daerah Jangan Ragu Lakukan Lelang Dini

Palangkaraya, PilarSulut.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan pemerintah daerah (pemda) segera mempercepat lelang dini …