Wagub Kandouw Dorong Kabupaten-Kota Percepat Revisi RTRW

Manado, PilarSulut.com – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mewakili Gubernur Sulut membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Progres Percepatan Penetapan Revisi Perda Prov. Sulut No. 1 Tahun 2014 tentang RTRW Prov. Sulut Tahun 2014-2034, bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Selasa (24/5/2022).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bupati/Walikota dan TNI/Polri serta stakeholder terkait.

Wagub Sulut mengatakan Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW  penting, penyelarasan itu penting. Pemerintah kab/kota revisi RTRW nya menunggu dari provinsi. Terakhir 2014, delapan (8) tahun yang lalu.

“Dinamika-dinamika dari segi regulasi maupun kondisi setempat sudah banyak berubah. Mau tidak mau kita harus cepat. Jadi, tujuan rakor hari ini percepatan revisi agar supaya cepat dan tepat serta tidak ada masalah. Jadi, kita harus antisipasi. Idealnya sampai 30 tahun kedepan. Untuk itu, saya minta kab/kota harus betul-betul memperhatikan ini,” tegas Wakil Gubernur Sulut itu.

Sembari berharap kepada pemerintah kab/kota yang belum memiliki forum penataan ruang untuk segera membentuk forum tersebut.

“Sementara RTRW provinsi sudah jalan, RTRW kab/kota harus paralel. Tidak usa tunggu langsung jadi. Paling tidak sudah di dahului dengan pembentukan forum penataan ruang. Ini dari 15 kab/kota baru tujuh (7) daerah yang memiliki forum penataan ruang, yakni Mitra, Bitung, Minsel, Manado, Minahasa, Sangihe, Bolsel,” pungkas mantan ketua DPRD Sulut itu. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Dampingi Kunker Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Sulut

Manado, PilarSulut.com – Kesekian kalinya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, kembali melakukan …