Menkopolhukam dan Mendagri akan Hadiri Pencanangan Gerbangdutas BNPP dan Kunjungi Pulau Miangas Sulut

Jakarta, PilarSulut.com – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berencana menggelar Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi.

Rencananya, kegiatan yang akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP, Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP, Muhammad Tito Karnavian, ini diselenggarakan pada 23-24 Mei 2022 mendatang.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, mengungkapkan Gerbangdutas yang akan dicanangkan di Melonguane merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk membangun perbatasan dengan memperkuat sinergi prioritas kegiatan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini akan mencanangkan kegiatan multistakeholders diseluruh Kawasan Perbatasan Negara yang dilaksanakan di 222 Kecamatan Lokasi Prioritas pada 54 Kabupatan/Kota di 15 Provinsi, pada Tahun 2022 ini.

“Kegiatan ini (Gerbangdutas) adalah tindaklanjut arahan Bapak Mendagri selaku Kepala BNPP untuk terus mendorong kebijakan dan langkah kolektif bersama semua stakeholders untuk semakin mempertegas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendorong pemerataan pembangunan, dalam upaya kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan negara,” ujar Restuardy Daud di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Tema yang diangkat pada Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2022 adalah “Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”. “Hal ini merupakan bagian dari upaya kita untuk mensukseskan kebijakan pembangunan nasional tahun 2022 yang dicanangkan Presiden RI, Bapak Joko Widodo,” tambah Restuardy.

Ia menjelaskan kegiatan pelaksanaan Pencanangan Gerbangdutas tahun ini diawali dengan kegiatan di Manado, berupa Pengarahan oleh Menko Bidang Polhukam selaku Ketua Pengarah BNPP dan Mendagri selaku Kepala BNPP kepada jajaran Pemda, TNI, dan Polri, pada tanggal 23 Mei 2022, dilanjutkan kegiatan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Talaud untuk Pencanangan Gerbangdutas 2022 dan melihat kondisi Pulau Miangas, pada tanggal 24 Mei 2024.

Pulau Miangas sendiri adalah salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) berpenduduk yang menjadi prioritas dalam penanganannya karena lokasinya berada di paling utara wilayah NKRI dan berbatasan langsung dengan Negara Filipina. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Dampingi Kunker Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Sulut

Manado, PilarSulut.com – Kesekian kalinya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, kembali melakukan …