Provinsi Sulut Tuan Rumah WBG 2023

Manado, PilarSulut.com – Pada tahun 2023 mendatang, Provinsi Sulut akan menjadi tuan rumah kejuaraan World Beach Games sehingga segala persiapan pun bakal dipersiapkan sejak dari sekarang. Hal itu terlihat dimana Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menerima kunjungan Technical Director Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC), Haider Farman guna membahas kesiapan Sulut menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (WBG) 2023, Senin 7 Februari 2022.

“Dari hasil pemantauan di lokasi-lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan WBG di Likupang dan Kota Manado, perwakilan dari ANOC sudah 90% sangat puas,” ungkap Gubernur Olly pada sejumlah wartawan di lobi Kantor Gubernur.

Menurut Gubernur Olly, selain di Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut) kegiatan bergengsi level dunia itu venue-nya juga ada di sejumlah pantai di Kota Manado.

“Sepanjang pantai di Kota Manado akan digelar perlombaan WBG pada September 2023 nanti, yang akan memperlombakan 10 cabang olahraga. Sebagai tuan rumah kami sudah siap melaksanakan WBG 2023,” pungkas Gubernur Olly.

Adapun pada akhir pekan kemarin Technical, Director ANOC Haider Farman telah memantau langsung di sejumlah lokasi. Salah satu yang didatangi pria asal Kuwait itu adalah Pantai Pulisan di Minut.

“Sebuah kehormatan bisa mengunjungi Manado, pantainya sangat indah. Hutannya juga sangat natural. Kesempatan luar biasa bisa berada di sini. Saya sudah mengunjungi beberapa venue dan area, perlu dipelajari lebih banyak lagi terutama soal hotel dan transportasi,” ujar Haider, dalam rilis pers KOI.

Indonesia sebelumnya disebut menjadi salah satu kandidat tuan WBG 2023 berdasarkan keputusan dalam General Assembly Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) di Krete, Yunani, 24-25 Oktober 2021.

Selain Indonesia, Hong Kong juga menjadi salah satu negara yang tertarik untuk menyelenggarakan multievent olahraga pantai bergengsi di dunia yang dibuat ANOC pada 2019 itu.

ANOC adalah organisasi yang memayungi NOC di seluruh dunia dan bertanggung jawab melindungi dan memajukan kepentingan NOC serta mendukung misi mempromosikan nilai Olimpiade. Sedangkan AWBG merupakan multievent olahraga pantai bergengsi di dunia yang dibuat ANOC pada 2019. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wagub Kandouw Dampingi Kunker Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Sulut

Manado, PilarSulut.com – Kesekian kalinya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, kembali melakukan …