Sebanyak 4,65 Ton Beras Diserahkan Pemprov Sulut untuk Warga Terdampak Pasca Bencana Alam di Mitra

Manado, PilarSulut.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) menyerahkan bantuan beras sebesar 4,65 ton bagi masyarakat terdampak pasca bencana alam di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Bantuan beras ini merupakan beras cadangan milik Pemprov Sulut yang disimpan di Gudang Bulog Sulut.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprov Sulut, Praseno Hadi menyerahkan langsung bantuan beras mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan diterima langsung Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Drs Jesaja Legi bertempat di Lobi Kantor Gubernur, Rabu (22/12/2021) pagi.

Bantuan beras itu juga diserahkan Wakil Bupati Jesaja Legi kepada pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa dan Warga terdampak bencana pada tiga kecamatan yakni Kecamatan Posumaen, Ratahan, Ratahan Timur dengan total 202 KK.

Asisten II Praseno Hadi berharap bantuan beras 4,65 ton dapat dimanfaatkan warga pasca terdampak, apalagi menghadapi perayaan keagamaan.

“Ini bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat sebagaimana dilakukan Gubernur Olly Dondokambey bagi masyarakat terdampak bencana,” kata Praseno Hadi seraya menegaskan bahwa hal itu digaung-gaungkan dan dilakukan Presiden Jokowi bagi masyarakat Indonesia yang terdampak bencana alam.

Sebelumnya, Kadis Pangan Daerah Provinsi Sulut, Ir Sandra Moniaga MSi melaporkan bahwa pemberian bantuan beras ini merupakan upaya strategis guna mendukung penyediaan cadangan pangan dalam menghadapi kekurangan ketersediaan, kelebihan ketersediaan pangan akibat gejolak harga pangan dan cadangan pangan akibat peristiwa bencana.

“Penyediaan beras cadangan pangan oleh pemerintah daerah, dianggarkan dan dikelola oleh Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Beras itu ada di gudang Bulog. Kabupaten dan Kota dapat menyurat ke Dinas Pangan Provinsi untuk mendapatkan persetujuan,” terang Moniaga.

Hal itu telah dilakukan Pemkab Minahasa Selatan, dan kali ini oleh Pemkab Minahasa Tenggara.

Hadir pada penyerahan beras bantuan Kepala Bulog Sulut, Kadis Pangan Kabupaten Mitra Aneke Sumendap, Camat Posumaen, Camat Ratahan dan Camat Ratahan Timur, pemerintah Desa dan warga terdampak bencana. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Percepat Realisasi APBD, Kemendagri Ingatkan Daerah Jangan Ragu Lakukan Lelang Dini

Palangkaraya, PilarSulut.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan pemerintah daerah (pemda) segera mempercepat lelang dini …