Pemprov Sulut Terus Pacu SDM ASN Melalui Inovasi Aplikasi

Mando, PilarSulut.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Asisten III, Asiano Gemmy Kawatu SE MSi, membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA), Tematik Digital Government oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur, Senin (27/09/2021). Tentunya ini menjadi bukti Pemprov terus memacu Sumber Daya Manusia (SDM), terlebih dalam merancang kemudahan kinerja ASN melalui inovasi Aplikasi pelayanan publik berbasis digital. Kegiatan ini menampilkan beragam inovasi layanan publik dan sistem kinerja instansi pemerintahan berbasis teknologi aplikasi dari para ASN yang mengikuti KPA di BPSDM Provinsi Sulut.

Sejumlah ASN ini menampilkan inovasi mereka masing-masing dalam bentuk inovasi aplikasi, yang nantinya diterapkan di instansi dimana mereka mengabdi.

Gubernur Olly Dondokambey SE dalam sambutan disampaikan Asisten III Gemmy Kawatu, menjamin Inovasi Aplikasi yang terpilih pada Ekspo Aksi Perubahan 2021 ini, akan masuk dalam sistem program pemerintah Provinsi Sulut dan akan didanai dengan APBD tahun anggaran 2022 nanti.

Syaratnya, inovasi aplikasi yang dipilih benar-benar mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan daerah.

“Apa yang ditampilkan dalam Expo ini merupakan gambaran menyeluruh akan bentuk inovasi yang mengarah pada pemberian dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, utamanya dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik di jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Utara,” kuti Kawatu.

Selain itu, tentunya Expo ini menjadi sarana bertukar informasi bagi seluruh komponen penyelenggara pemerintahan di provinsi Sulawesi Utara untuk sama-sama melihat masa depan daerah ini.

“Saya mengharapkan Expo ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan serta sasaran-sasaran yang telah ditetapkan,” tutup Gubernur Olly.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Daerah Provinsi Sulut, Drs. Marhaen Royke Tumiwa, M.Pd mengatakan inovasi aplikasi ditampilkan para peserta merupakan akumulasi dan internalisasi proses pembelajaran para peserta kurang lebih dua bulan mereka bersama-sama mengikuti empat agenda. Keempat agenda yakni Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, kepemimpinan Kinerja, Manajemen Kinerja dan agenda keempat, Aksi Perubahan.

Ia menambahkan bahwa pada sistem manajemen kinerja para administrator ini, diantaranya, mereka semua dituntut untuk memberikan suatu perubahan kinerja terhadap instansi mereka dan melakukan kerja-kerja manual, kerja kerja konvensional tetapi harus diawali dengan perubahan mindset yaitu mereka harus memiliki digital mind.

Tumiwa juga berharap personal point of view dapat memberikan pandangan dan pendapat terhadap inovasi aplikasi para peserta di kegiatan Expo 2021. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Sulut Miliki Potensi Basket, Pemprov Suport Pembinaan Sejak Dini

Manado, PilarSulut.com – Tim Basket Putra Sulut sukses di PON Papua membuat warga Nyiur Melambai …