Pjs Gubernur Fatoni Minta Pemda dan Forkopimda Maksimalkan Penanganan Covid-19

Manado, PilarSulut.com – Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. meminta kepada Pemerintah Daerah 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara memaksimalkan penanangan Covid 19. Langkah ini akan makin baik apabila ada sinergitas dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di masing-masing kabupaten/kota dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, mahasiswa, pelajar perlu dilibatkan. Kepala Organisasi Perangkat Daerah harus aktif ikut oenanganan Covid 19.

Bang AF sapaan akrab Fatoni mengimbau semua pihak bersinergi menerapkan protokol kesehatan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Semua pihak diharapkan ikut mensosialisasikan 4M dilingkungan keluarga, lingungan kerja, dan lingkungan masyarakat.

“Langkah ini terbukti secara efektif dapat menurunkan penularan Covid-19,” kata Fatoni

Selain 4M, Pemda bersama Forkopimda diharapkan tetap melakukan langkah 3T untuk penanganan Covid-19, yakni testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan).

“Langkah ini untuk mempercepat memutus mata rantai penularan Covid,” ungkap Fatoni.

Terkait penggunaan masker, Fatoni mengajak semua pihak menyukseskan penggunaan masker lewat Gerakan Sulut Bermasker. Gerakan ini diharapkan bisa digaungkan Pemerintah daerah bersama Forkopimda dan elemen masyarakat.

“Kita ingin mengedukasi masyarakat menanamkan disiplin gunakan masker. Menggunakan masker bukan hanya kewajiban, tapi menjadi kebutuhan dan budaya,” ujarnya.

Gerakan ini tidak sebatas menyampaikan pesan dari pemerintah, tapi dipastikan pesan tersebut sampai ke masyarakat, dan paling penting diterapkan dalam kehidupam sehari-hari.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden Jokowi, jangan hanya send, tapi deliver. Nggak cukup saja deliver, tapi dipakai. Masker digunakan,” ungkap dia.

Pemerintah punya tantangan terkait penanganan Covid. Fatoni mengatakan, di Indonesia ada 17 persen orang tidak percaya covid, atau percaya tidak akan kena covid. Sementera otu, di Sulut, ada 27 persen tidak percaya. Sulut menduduki peringkat tertinggi kedua di bawah Maluku.

“Ini bahaya. Ayo pakai masker, kita lakukan gerakan 4 M dan sukseskan Gerakan Sulut Bermasker,” kata dia.

Memang benar Tuhan yang menentukan segala sesuatu, tapi manusia diberikan hikmat dan pengetahuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Manusia diwajibkan berusaha dan berdoa.

Selain peran dari pemerintah daerah dan Forkopimda, Fatoni mengharapkan peran Tokoh agama dan tokoh masyarakat menyuarakan ke masyarakat agar terhindar dari Covid 19. Pjs Gubernur menyampaikan, Pemprov siap melakukan sinergi dengan semua pihak agar penanganan Covid 19 bisa maksimal.

Sejauh ini Pjs Gub Fatoni sudah menyambangi Kabupaten Minut, Kota Bitung, Kota Tomohon, dan Kabupaten Minahasa untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas dalam rangka mensukseskan pilkada jurdil dan aman covid-9, termasuk sukses penanganan covid 19. (*/Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Wujudkan Pilkada Damai dan Aman dari Covid-19

Catatan : Dra. Ivonne R.J Kawatu Manado, PilarSulut.com – Pertarungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) …