Di Moment HUT Provinsi ke-56, Sulut Mencatat Sejarah dengan Mengekspor Langsung Hasil Komoditas dari Manado ke Jepang

Manado, PilarSulut.com – Untuk pertama kalinya, Sulut bisa mengekspor komoditas hasil perikanannya langsung dari Manado langsung ke tujuan di luar negeri. Gubernur Sulut, Olly Dondokambey melepas ekspor perdana hasil perikanan Sulut itu dari Kargo Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Rabu (23/09/2020)

Komoditas perikanan senilai 66 ribu dollar AS itu diterbangkan menggunakan pesawat khusus Garuda Indonesia Airbus 330-200. Pesawat yang menempuh rute Jakarta-Manado-Tokyo ini bertolak dari Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 23.30 WITA.

Pada pengiriman perdana ini, sebanyak 6,5 ton produk perikanan Sulut, 4,5 ton dari Ambon ditambah 4 ton dari Jakarta dikirim ke Bandara Narita, Tokyo Jepang. Selain produk maritim, turut dikirim sebagai sampel komoditas pertanian asal Sulut seperti nanas, bawang merah, pala dan lain-lain. Sampel komoditas sebesar 100 kg itu bernilai 145,74 Yen

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengungkapkan, penerbangan rute khusus kargo ke Jepang ini menjadi sejarah bagi Sulut. Setelah bertahun-tahun, komoditas perikanan Sulut bisa dikirim langsung dari Manado.

“Sebelumnya harus melalui Jakarta atau Bali yang memakan waktu dan biaya lebih besar,” kata Olly.

Dengan terbukanya pintu ekspor baru dari Manado ini, Olly berharap bisa dipertahankan sehingga bisa mewujudkan mimpi Sulut sebagai hub Indonesia ke Pasifik. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Nonstop 3 Jam, Testimoni Dukungan Olly-Steven Tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia

Manado, PilarSulut.com – Olly Dondokambey dan Steven Kandouw mencatatkan nama di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). …