Taufik Bilfaqih Pastikan Pengawasan Coklit Harus Efekif dan Efisien, 4 Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Taufik Bilfaqih Pastikan Pengawasan Coklit Harus Efekif dan Efisien, 4 Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Taufik Bilfaqih, Koordiv Pengawasan Bawaslu Kota Manado /ist

Manado, PilarSulut.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado memastikan akan mengawasi pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada 2020. Taufik Bilfaqih selaku Koordiv Pengawasan Bawaslu Manado menegaskan proses pengawasan Coklit harus efekif dan efisien.

“Tentunya kami akan memastikan seluruh jajaran kami dapat mengefektifkan persiapan proses coklit secara utuh dan terus mengefektifkan koordinasi agar kesepahaman dan kebersamaan terawat baik,” ujar Bilfaqih, Jumat (17/7/2020).

Seperti yang diketahui saat ini jajaran Bawaslu tengah melakukan pengawasan melekat terhadap proses pencocokan dan penelitian di lapangan.

Bilfaqih menekankan ada 4 hal yang menjadi perlu diperhatikan dalam mengawasi proses coklit tersebut, yakni

“Yang pertama, akurasi data, tentunya kita semua berharap hasil coklit ini tidak ada lagi kesalahan teknis seperti kesalahan penulisan;

Yang ke dua, ‘Kemutakhiran Data’, bahwa data hasil coklit memang benar-benar update dengan informasi yang terbaru, seperti orang-orang yang tercantum dalam DPS tetapi yang bersangkutan telah meninggal, melakukan pindah domisili, penduduk yang saat ini telah memenuhi syarat untuk terdaftar sebagai pemilih ( pemilih baru ) yang tentunya seluruh data tersebut harus dimutakhirkan;

Yang ke tiga, ‘Komprehensif’, kita harus memastikan bahwa mereka yang memenuhi syarat benar-benar tercantum dalam hasil coklit dan sebaliknya yang tidak memenuhi syarat benar-benar telah dicoret.

Yang ke empat, ‘transparansi’ perlu diingat bahwa kita diwajiban untuk memberikan keterbukaan informasi publik, apalagi bersangkutan dengan hak pilih.

Bilfaqih menutup bahwa ke empat hal tersebut akan lebih maksimal jika seluruh masyarakat turut berpartisipasi melakukan pengawasan.

“Karenanya, kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi mengawasi proses coklit ini”. (*/Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *