Gubernur Olly Apresiasi Program TMMD ke-108 di Minahasa

Minahasa, PilarSulut.com Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri ibadah syukur HUT ke-21 GMIM Nafiri Tempang dirangkaikan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa, Rabu (29/7/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi pelaksanaan program TMMD di wilayah Kodim 1302 Minahasa.

“Saya kira kita bersyukur karena hari ini ulang tahun yang ke-21 bagi Jemaat GMIM Nafiri Tempang sekaligus juga dikaitkan dengan penutupan TMMD ke-108 di tahun 2020 ini semoga manfaat dari kegiatan TMMD di Wilayah Tompaso Tempang ini dapat bermanfaat dengan sangat besar bagi masyarakat dan tentunya juga kami sangat mengharapkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua dalam rangka mendorong program TMMD bisa berjalan terus dengan baik,” kata Olly.

Diketahui, kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan TMMD di Minahasa diantaranya bidang fisik berupa perintisan dan pengerasan jalan antara Desa Totolan dan Tempang Tiga sepanjang 1.750 meter dan lebar lima meter, rehab jembatan penghubung Totolan-Tempang Tiga sepanjang 12 meter, dua buah plat duicker sepanjang enam meter, perintisan jalan perkebunan sepanjang 700 meter di Totolan, dua buah pos kamling dan jambanisasi untuk masyarakat kurang mampu.

Sementara untuk kegiatan non-fisik berupa pembagian sembako bagi warga yang terdampak Covid-19 serta penyuluhan dengan melibatkan 150 personil dari TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Disamping itu, Olly juga kembali mengimbau warga disiplin mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Kalo mo kemana-mana harus pake masker, pulang ke rumah rajin cuci tangan, bakudapa deng orang jaga jarak, kalau torang disiplin torang pe ekonomi nda akan hancur,” ungkap Olly.

Menurutnya, jika aktivitas masyarakat di sektor ekonomi berlangsung lancar maka perekonomian Sulut juga terus bertumbuh positif.

“Kalau mo maju sama-sama torang sama-sama jaga itu disiplin, torang pe tugas itu menjelaskan ke masyarakat, kalau ini bisa berjalan dengan baik pasti ekonomi di Sulut bagus, tu doi berputar torang deng torang nyanda baputar kemana-mana, nah ini yang kita harapkan mudah-mudahan ini berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Lebih jauh, Oly juga menjelaskan rencana Pemprov Sulut melakukan program padat karya untuk masyarakat Sulut yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

“Torang juga akan tetap menjalankan program pembangunan nanti pemprov menyiapkan program padat karya bekerjasama dengan Pak Bupati dimana daerah-daerah yang terdampak banyak pegawai putus hubungan kerja torang beking program padat karya supaya ada penghasilan harian,” tandas Olly.

“Tapi saya minta satu tadi mari torang sama-sama berjalan dengan Covid-19 dengan berjalan dengan torang pe kegiatan ekonomi karena kalo ini nyanda bajalan sama-sama bahaya, torang cuma badiam dirumah nyanda lakukan kegiatan, virus baru akan muncul, virus lapar. Jadi mari torang jaga jarak. Masyarakat harus sadar diri sandiri torang disiplin, pasti Covid-19 di Sulut akan banyak terhindar ekonomi masih jalan,” tutup Olly.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Minahasa Roy Roring, para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Gerakan Sulut Bermasker Tebar 11,3 Juta Masker, Mendagri Optimis Covid-19 Berkurang dan Ekonomi Sulut Membaik

Manado, PilarSulut.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama Ketua Umum TP-PKK, Ibu Tri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *