Headline

Cegah Wabah Covcid-19, Gubernur Olly Larang Bupati dan Wali Kota Keluar Daerah

Cegah Wabah Covcid-19, Gubernur Olly Larang Bupati dan Wali Kota Keluar Daerah

Manado, PilarSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, tidak hanya menginstruksikan Bupati dan Wali Kota se Sulut wajib menjadi Ketua Tim Satgas Covid 19.

Tetapi orang nomor satu di Sulut itu, juga menginstruksikan Kepala Daerah baik Bupati atau Wali Kota di Sulut, untuk tidak keluar daerah.

”Saya minta Bupati da Wali Kota jangan keluar daerah. Semua harus berada di daerah masing-masing,” tegas Olly sembari menambahkan imbauan larangan keluar daerah bukan hanya ke luar Sulut, tetapi antar perjalanan antar daerah se Sulut juga.

Lanjut Olly, imbauan kepala daerah jangan keluar daerah, agar konsentrasi dalam pencegahan virus corona (Covid 19).

Lanjut orang nomor satu di Sulut itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Surat Edaran nomor 440/2622/SJ tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Corona virus Covid-19 daerah .

Dalam Surat Edaran tersebut, salah satu poinnya menyebutkan; Gubernur dan Bupati/Walikota menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah dan tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain di daerah. Di samping itu, gubernur juga menjadi Anggota Dewan Pengarah Gugus Tugas Covid-19 Tingkat Nasional.

“Tujuannya kepala daerah take lead. Ketua Gugus bukan Sekda, bukan BPBD,” kata Olly mengutip isi edaran mendagri.

Dalam Surat Edaran tersebut juga disebutkan, sebagai Ketua Gugus Tugas harus memperhatikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sedangkan untuk pendanaan yang diperlukan untuk keperluan pekerjaan, dibebankan pada APBD.

Disebutkan pula, untuk penetapan status darurat siaga bencana atau tanggap darurat bencana, harus didasarkan pada kajian atau penilaian kondisi daerah perihal penyebaran Covid-19 yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota/Provinsi.

Adapun setelah dilakukan kajian atau penilaian kondisi daerah perihal penyebaran Covid-19, Gubernur/Bupati/Walikota menetapkan status bencana covid 19. (*/Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *