Rombongan BPJPH Kemenag RI Kunjungi Sulut Terkait Dibukanya LPH

Manado, PilarSulut.com – Rombongan Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal (BPJPH ) Kementerian Agama (Kemenag) RI mengunjungi Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kunjangan oleh rombongan Kemenag RI di daerah nyiur melambai ini terkait syarat syarat akan dibukanya Lmbaga Pemeriksa Halal (LPH). Rencananya mereka akan berada di Manado Sulut selama empat hari.

“BPJH empat hari melaksanaan kunjungan ke Manado terkait syarat-syarat untuk dibukanya LPH. Rombongan BPJPH diantaranya, Amrullah, Kabid Servikasi BPJPH Ibu Iis, Afrianti, Gina Arsat, Jose,” ujar Kepala Layanan Sertifikat Halal Provinsi Sulut, Kalo Tahirun di ruang kerjanya, Selasa (30/07/2019).

Dikatakannya, pembentukan BPJPH merupakan amanat Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Nantinya ke depan proses penerbitan sertifikat halal tak lagi hanya di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Untuk pelabelan halal ini melibatkan tiga pihak yakni, BPJPH, MUI, dan LPH serta dari BPOM,” kata Tahirun.

Lanjutnya, kami menghimbau, untuk pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal, harus melalui beberapa tahapan dalam penerbitan sertifikat yaitu edukasi, ferifikasi dan sertifikasi.

Tahap awal ini adalah edukasi, pelaku usaha wajib meninformasikan tentang produknya yang akan di pasarkan halal atau tidak halal. Permohonan oleh pelaku usaha dibuat secara tertulis kepada BPJPH, kedua pemilihan LPH atau yang eksis sekarang LPPOM, MUI kewenangannya memeriksa menguji kehalalan produk, ketiga adalah pemeriksaan produk dilakukan oleh auditor halal LPPOM MUI, dan keempat penetapan kekhalalan produk yang disampaikan BPJPH, terakhir baru penerbitan sertifikat.

Sementara, Kabid Servikasi Kemenag RI, Amrullah mengatakan nantinya louncing Nasional berlangsung pada 17 Oktober 2019 mendatang bahkan juga pada louncing international.

“Louncing Nasional 17 Okt 2019 LPH bahkan sampai louncing international karena Indonesia menjadi Lembaga Produk Halal,” jelas Amrullah. (A Husain)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *