Banner Bawah Utama

Wakili Bupati ROR, Kadis Budpar Minahasa Hadiri Festival Wanua Warembungan

Wakili Bupati ROR, Kadis Budpar Minahasa Hadiri Festival Wanua Warembungan

Minahasa, PilarSulut.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi menghadiri Acara Puncak Festival Wanua Warembungan 2019 pada Jumat, 9 Maret 2019 bertempat di Objek Wisata Puncak Kimuwu Warembungan, Kecamatan Pineleng.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Royke Octavian Roring melalui Kadis Budpar Agustivo Tumundo memberikan apresiasi serta ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan Festival Wanua Warembungan 2019 ini, dengan harapan akan menjadi semangat bagi kita dalam melayani dan menjadi berkat bagi banyak orang, sehingga kegiatan ini akan rutin dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan.

“Kegiatan ini akan memiliki makna yang mendalam untuk mengingatkan kita akan budaya para leluhur yang telah menjadi ciri khas Tou Minahasa, serta membangun dan mengenalkan budaya ini kepada para generasi muda sebagai kaum millenial yang telah memasuki Era Indunstri 4.0 yang sering tidak tersentuh bahkan tidak mengetahui budaya daerah, yang sebenarnya merupakan identitas diri dan penyemangat bagi para pendahulu kita dalam memperjuangkan dan membangun Tanah Minahasa yang sama-sama kita cintai” ungkapnya.

Diharapkan Bupati, melalui gelaran budaya ini akan ditampilkan berbagai kreativitas yang dapat mengedukasi masyarakat agar dapat berdampak positif dan akan semakin menggairahkan masyarakat yang memiliki talenta di bidang seni dan budaya untuk semakin mengeksplor dan berkreativitas sehingga akan menciptakan harmoni baru dalam seni dan budaya daerah.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Amri Kalangi mengucap syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan semua rangkaian Festival Wanua Warembungan ini yang telah digelar sejak Kamis 7/3 dengan kegiatan Napak Tilas, kemudian Jumat 8/3 kegiatan Seminar Budaya, dan pada Sabtu 9/3 ini digelar Acara Puncak.

Dalam Acara Puncak yang dirangkaikan dengan Upacara Adat Mahelur dan atraksi Tarian Kabasaran dari berbagai Wanua di Tondano, Tonsea, Tombulu, Tountemboan dan Tonsawang ini, diselingi pula dengan atraksi olahraga udara Paralayang, serta tampilan lagu-lagu dan puisi nuansa Budaya Minahasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Pineleng AKP Arie Najoan, Owner Puncak Kimuwu Warembungan Reinad Wewengkang, Pemerintah dan Masyarakat Adat Desa Warembungan, pimpinan Komunitas dan Organisasi Masyarakat Adat, para Seniman pelestari Budaya Minahasa, dan masyarakat umum lainnya. (*/Thty)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *