Nayodo Uji Coba Alat Bantuan Pengolahan Nenas

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan,SH, Rabu 19/12 pagi menghadiri penyerahan bantuan alat pengolahan nenas dari Bank Indonesia kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang selanjutnya diserahkan kepada 3 kelompok tani nenas asal Kelurahan Mongkonai.

Nayodo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang terus memberikan dukungan terhadap kemajuan dan perkembangan produk unggulan di Kotamobagu.

“Pemberian bantuan oleh Bank Indonesia kepada petani nenas ini sejalan dengan upaya Pemkot Kotamobagu untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat. Khususnya petani nenas dan pelaku usaha mikro kecil dan menegah. Kedepan dengan adanya bantuan alat pengolahan ini, selain meningkatkan harga jual dari petani juga ikut menumbuhkan berbagai usaha mikro kecil dan menegah, yang akan memproduksi berbagai bahan makanan dan minuman olahan yang berbahan dasar nenas,”Kata Nayodo.

Selain itu Nayodo menjelaskan, area perkebunan nenas di Kotamobagu mencapai 136 hektar dengan hasil produksinya rata rata 136.000 buah nenas “Dengan melihat besarnya hasil panen dan luasan area tanaman, sangat cocok diberikan bantuan. Karena akan sangat memberikan bantuan bagi petani, dan harga jual nenas dapat meningkat,”Jelasnya.

Terpisah Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia mengatakan pemberian bantuan tersebut sebagai bagian dari MOU yang dilakukan BI bersama Pemerintah Kotamobagu beberapa waktu lalu “Ini sebagai upaya untuk mengembangkan produk produk unggulan Kotamobagu, dan salah satunya nenas. Kedepannya juga kami berharap bisa memberikan perhatian yang sama terhadap komiditi pertanian yang lain di Kotamobagu,”Kata Gunawan.

Sementara itu untuk tiga kelompok tani nenas penerima bantuan yaitu Kelompok tani nenas Nomontang, Amaliotung, dan Bunag. Sedangkan untuk jenis alat yang diterima berupa mesin pengupas, mesin blender, mesin tinting, automatic cup sealer, working table, sink table, tabung gas, dan ches freezer.

Sekedar informasi usai menerima secara simbolis bantuan alat pengolahan buah nenas, Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan didampingi Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi mencoba alat bantuan.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *