Headline

Kotamobagu Miliki Produk Unggul Sambal Roa

Kotamobagu Miliki Produk Unggul Sambal Roa

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Industri Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Kotamobagu tumbuh subur. Setiap harinya berbagai produk unggulan bermuncul, hal ini tentunya tidak lepas dari peran dan dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Pemerintah Daerah selain memberikan akses kemudahan perizinan sebelumnya Pemerintah Daerah juga telah membagi ratusan perizinan usaha secara gratis.

Belum lama ini produk unggulan rumah seperti Beras Merah, Kopi Dinodok, Kopi Mopira, Kopi Mojagi serta berbagai makanan ringan lainnya berhasil menghiasi pasaran, bahkan sebagianya merambah ke Daerah lain. Tidak mau kalah dari produk produk yang lain, belum lama ini satu produk industri rumah hadir bahkan telah mendapatkan tempat di tengah warga Kotamobagu, yaitu Sambak Roa.

Meskipun di Daerah Sambal Roa bisa di temukan namun berbeda dengan Sambal Roa khas Kotamobagu. Ilovie Van Darish (24) warga Kelurah Sinindian ini mampu menghadirkan cita rasa yang berbeda dari olahan Sambak Roa. Awalnya menurut Lovi sapaanya, resep Sambal Roa ini berasal dari Ibu mertua dan diwariskan kepadanya.

Pengolahanya pun menurut Lovi berbeda dengan yang lain. Sambal Roa miliknya terbuat dari bahan dasar ikan roa yang terlebih dahulu dilakuka suwira roa panggang dan dihaluskan serta disangarai ditambah dengan bumbu khas dan dimasuk mengunakan minyak khas tradisional

“Usaha ini belum berjalan lama, baru berjalan dua bulan. resepnya dari Ibu mertua, sejauh ini sudah ada dari luar Daerah yang memesan memang belum lama jumlah yang banyak tapi sudah cukup baik. Sedangkan untuk pesanan lokal perharinya sampai 10 keping dengan harga perbungkusnya Ro 25.000,”Terangnya.

Selain menjual secara langsung Lovi jiga mengungkapkan memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan “Kita tawarkan juga online, dan kalau ada yang memesan kita antarkan langsung sehingga konsumen tidak perlu lagi datang,”Bebernya.

Lebih lanjut Lovi mempunyai keinginan yang sama dengan pelaku UKM, dimana mereka meminta perhatian dari Pemerintah agar dapat membantu serta mendorong memperluas usahanya. “Tentu saya berharap pemerintah dapat mendorong usaha ini hingga sampai pada pamasaran produk di Toko-toko yang ada di Kotamobagu,”Harapnya

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *