Hindari Penyalahgunaan KTP Rusak, Disdukcapil Kotamobagu Gelar Pemusnahan

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu mengelar pemusnahan Kartu tanda Penduduk (KTP) elektronik rusak atau invalid sebanyak 9.998 lembar. Pemusnahan ini menurut Kepala Disdukcapil untuk mewaspadai adanya penyalahgunaan serta tertib administrasi, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.

“Pemusnahan ini berdasarkan Surat Edaran Nomor: 470.13/11176/SJ dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Penatausahaan KTP Elektronik Rusak atau Invalid. Tentu ini juga untuk ketertiban administrasi dan upaya kami dalam peningkatan pelayanan dan kewaspadaan dalam siatem administrasi kependudukan,”Terang Virginia D Olii.

Selain itu, pemusnahan dokumen yang rusak juga merupakan langkah pengamanan terhadap tempat – tempat penyimpanan atau gudang penyimpanan dokumen negara agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan dokumen Negara “Mencegah terjadinya penyalahgunaan KTP elektronik yang rusak atau invalid. Pemusnahan ini berlaku bagi KTP tahun 2011 sampai 2018,”Ungkapnya.

Pemusnahan KTP elektronik ini turut disaksikan Assiten I bidang Pemerintahan dan Kensos Drs Nasrun Gilalom, Kanit Reskrim Polsek Kotamobagu Iptu Abdul R Muhammad, Kasat Polisi Pamong Praja Dolly Zulhadji SH ME, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Abdul Amar Paputungan SE.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *