Dinilai Peduli HAM, Kabupaten Bolmong Dianugrahi Penghargaan

Bolmong,PilarSulut.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong)diakhir tahun 2018 menerima kado istimewah dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM RI yaitu penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia. Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2017 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Pemberian penghargaan tersebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se Dunia ke-70 tahun 2018 yang bertempat di Kantor Kemenkumham RI, Jakarta.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pemberian penghargaan sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, dimana Kabupaten/Kota penerima penghargaan kali ini telah berupaya dalam membina dan mengembangkan Kabupaten/Kota menjadi Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dan Kabupaten/Kota yang Cukup Peduli Hak Asasi Manusia Pada Tahun 2017.

Yasonna H. Laoly mengatakan ada terdapat 271 Kabupaten/Kota yang masuk kategori Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2017 dan 75 Kabupaten/Kota yang masuk kategori Cukup Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2017.

Sementara Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow usai menerima penghargaan menyampaikan syukur Alhamdulillah tahun ini Pemkab Bolmong menerima Penghargaan sebagai Kabupaten yang masuk dalam Kategori Peduli Hak Asasi Manusia pada Tahun 2017, artinya Kabupaten Bolaang Mongondow tahun ini naik 1 (satu) level bila dibandingkan dengan penghargaan tahun lalu yang hanya masuk kategori Cukup Peduli HAM. “Tentunya saya merasa bangga atas perolehan Kategori yang kita raih kali ini dan penghargaan ini sebagai wujud kerja sama semua pihak, baik itu Pemerintah, Pihak Swasta dan Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow,”Kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow yang telah bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam menciptakan suasana kondusif “Perolehan penghargaan ini tidak lepas dari dukungan dari seluruh komponen, yang turut menciptakan suasana yang aman, tertib dan nyaman, karena salah satu faktor penentu dari keberhasilan pembangunan adalah suasana yang kondusif, aman dan terkendali,”Terangya.

Terpisah, Kasubag Hukum, Pemkab Bolangg Mongondow menjelaskan dalam penilaian Kabupaten Peduli HAM ini Pemkab Bolmong telah berusaha memenuhi semua indicator yang harus dipenuhi “Indikatornya banyak, tapi Pemkab mampu memenuhi itu. diantaranya, Pemkab sudah menyediakna ruang menyesui, penanganan perkara, penangganan disabilitas, penangganan pelanggaran hukum terhadap anak, pelayanan kesehatan. Disamping itu, penilaianya tidak hanya focus pada pelayanan hukum tetapi bagaimana Pemkab Bolmong mampu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,”Jelas Muh Triasmara Akub (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *