Bukan Hanya Kelurahan Matali, Mongkonai Barat Jadi Salah Satu Lokasi Jajanan Kuliner

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Kuliner Kotamobagu kini tidak hanya berpusat di kelurahan Matali, kecamatan Kotamobagu Timur. Kelurahan Mongkonai Barat saat ini jadi salah satu tempat pilih bagi warga Kotamobagu dan pengunjung untuk mencari ragam kuliner yang dibutuhkan. Bertempat di pertigaan Jln. AKD dekat terminal Bonawang, pengunjung bisa dengan mudah menemukan tempat penjualan ragam kuliner ini.

Dari lapak yang tidak terlalu besar itu aneka jenis kuliner khas Kotamobagu mulai dari sayur mayur, buah-buahan serta kue basah dan kue kering telah disediakan. Meski ditengah banyaknya aneka ragam jajanan khas dari daerah lain, namun jajanan tradisional khas Kota Kotamobagu tetap tidak kehilangan daya tariknya. Sehingga tak sedikit pengunjungan yang datang setiap harinya untuk menikmati kuliner khas tersebut.

Salah satu pedagang kue Fatma Paputungan mengatakan, jajanan atau kuliner yang dijual adalah produk khas warga kelurahan Mongkonai.menurutnya kelurahan ini menjadi strategis sebab sebagai pintu masuk Kota Kotamobagu “Setiap hari itu banyak yang datang membeli disini, baik dari arah kotamobagu menuju Kota Manado maupun sebaliknya, ada juga dari daerah tetangga yang hendak menuju Wilayah Bolmong dan Bolsel,”Terangnya.

Adapun pedangang dan keuntungan dari berjualan kue dan makanan  sebagaianya akan dibagikan ke Mesjid “Rata rata warga Mongkonai,  kami membentuk kelompok dan berjualan, kami bergantian seminggu sekali. Hasilnyapun sebagian kami sumbangkan ke Mesjid dan sisanya kita bagi perorang,”Sambung Fatma.

Sementara untuk harga cukup murah, pengunjung bisa mendapatkan 4 buah kue hanya dengan uang Rp 5 Ribu rupiah saja “Harganya murah, Rp 5 ribu bisa dapat empat buah kue. Sayur sayuranpun begitu ada yang Rp 7 ribu per porsinya. Keuntungannya cukup baik, kamu sungkankan ke Mesjid dan lainnya untuk kami,”Ungkapnya.

Melihat potensi yang cukup menjanjikan ini Pemerintah kelurahan berencana menjadikan keluraha Mongkonai Barat sebagai setra produksi kue khas Kotamobagu “Apalagi ini merupakan kelurahan pintu masuknya ke Kotambagu, sehingga sangat strategis untuk pengembangan usaha tersebut. Kita rencanakan kedepan akan dijadikan sentra produksi kue khas Kotamobagu,”Ucap Yusuf Darwis, Lurah Mongkonai Barat.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *