Banner Bawah Utama

Selain Dapat Pujian Soal Data Center KIP Sulut Beri Masukan Ke Diskominfo Kotamobagu

Selain Dapat Pujian Soal Data Center KIP Sulut Beri Masukan Ke Diskominfo Kotamobagu

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Komisi Informasi Publik (KIP) wilayah Sulawesi Utara selain mengelar kegiatan sosialisasi Undang undang keterbukaan informasi public juga mengunjungi Data Center Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Dalam kunjungan tersebut KIP Sulut melihat secara langsung aplikasi pelayanan public serta tahapan penerima informasi sampai tindak lanjut. Dari pantauan awak media selain memuji keterbukaan informasih yang sudah dijalan Pemerintah Kotamobagu melalui Data Center, KIP Sulut juga memberikan sejumlah masukan salah satunya berkaitan dengan tindak lanjut aduan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua KIP Sulut, Raymon Pasra kunjungan pihak KIP ke Kotamobagu berlaku juga di Daerah lain, tujuannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keterbukaan informasi public “Nantinya dari hasil Monitoring dan Evaluasi di 15 Kabupaten Kota ini akan dilakukan perankingan, kami berharap Kotamobagu adalah Kota yang transparan,karena indikatornya sudah ada yaitu Command Center dan Data Center, dan ini baru dimiliki oleh 3 Daerah yaitu Kota Manado, Kotamobagu dan Bitung,”Kata Raymon.

Dijelaskannya jika dilihat secara keseluruhan indikatornya hanya berada diseputaran 3 wilayah ini “Memang indikatornya ada di 3 Daerah ini, karena 3 Kabupaten Kota ini sudah memilikinya tetapi memang ada beberapa Daerah yang belum memiliki indicator ini namun mereka tetap menjalankan keterbukaan informasi. Sehingga untuk Sulut kami berharap Kotamobagu bisa masuk dalam perangkingan. Selain itu juga kami memberikan masukan harus ada informasi yang tersedia setiap saat, ini yang belum ada tetapi yang kami lihat akan menuju ke situ,”Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kotamobagu mengaku akan menindaklanjuti masukan yang disampaikan KIP “Untuk masukan yang disampaikan akan kami sesuaikan, dan akan diterapkan. Ini juga sudah disampaikan oleh Walikota Kotamobagu,”Kata Ahmad Yani Umar.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *