Banner Bawah Utama

Ratusan Warga Kecamatan Lolak Minta Keadilan Ke Bupati Bolmong

Ratusan Warga Kecamatan Lolak Minta Keadilan Ke Bupati Bolmong

Bolmong,PilarSulut.Com – Ratusan warga di empat desa di Kecamatan Lolak mendatangi kantor Bupati Bolaang Mongondow, desa Lalow, Kecamatan Lolak.

Kedatangan ratusan warga ini untuk meminta keadilan serta perlindung dari Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow terhadap lahan pertanian yang telah lama dikelola dan menjadi sumber pencaharian utama. Dan belakangan lahan yang berstatus Hak Guna Usaha (HGU) ini dikuasai oleh PT Anugrah Sulawesi Indah yang akan dialih fungsikan sebagai lahan pertanian kelapa sawit.

“Kami ini sudah tidak punya lahan lagi, lahan kami dirampas, kalau seperti ini sebaiknya kami mati saja. Ada dimana Pemerintah Daerah, Bupati tolong lihat kami,”Teriak seorang perempuan peserta aksi di lobi depan kantor Bupati.

Dari pantauan awak media, ratusan warga dari desa Lolak, Lolak II, Tombolango, dan Padang ini menuntut kesepakatan yang sudah disepakati oleh Pemkab Bolmong, warga, pihak Perusahaan dan Kepolisian, bahwa akan menghentikan sejenak aktifitas perusahan sebelum ada keputusan finaly atas permintaan warga.

Namun menurut perwakilan warga, Senin 5/11 kemarin, pihak perusahaan sudah melakukan aktifitas penebangan pohon kelapa dalam yang menjadi tanaman dari warga “Mulai Senin 5 dan Selasa 6 sudah melakukan aktifitas. Padahal sebelumnya sudah ada keputusan bersama, dimana warga mendapatkan 1000 hektar dari lahan yang saat ini dikelola Perusahaan, dan pihak Perusahaan akan mengajak perwakilan warga melakukan Studi Banding di beberapa Daerah yang sudah ada tanaman kelapa sawit, sehingga status saat ini belum ada aktifitas baik oleh Perusahaan dan warga di lahan tersebut,”Ungkap Franly Beret.

Sampai berita ini diturunkan ratusan warga masih berada di kantor Bupati.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *