Banner Bawah Utama

Pekerjaan 12 Titik Irigasi Di Bolmong Dimulai Tahun 2019

Pekerjaan 12 Titik Irigasi Di Bolmong Dimulai Tahun 2019

Bupati Bolmong Bersama Sejumlah Pimpinan SKPD Usai Menandatangani MOU Program IPDMIP Beberapa Waktu Lalu

Bolmong,PilarSulut.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongndow diawal tahun 2018 mendapatkan bantuan dana hiba dari Pemerintah Pusat melalui Program Integrate Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP) atau Program Pengelolaan dan Pengembangan Irigasi Partisipasi Terpadu)

Bantuan tersebut langsung ditanda tangani oleh Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, dengan besaran Rp 41.020.000.000. menurut Yasti beberapa waktu lalu, bantuan tersebut adalah dana penganti atas pelaksanaan kegiatan “Sesuai surat Menteri Keuangan RI, Nomor S-591/MK.7/2017 maka Pemerintah pusat telah menyetujui penerusan hiba sebesar Rp 41.020.000.000, dan ini adalah dana penganti atas pelaksanaan kegiatan program pengelolaan dan pengembangan irigasi partisipatif terpadu, yang terlebih dahulu didanai oleh APBD Bolmong,”Kata Yasti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Channy Wajong menyampaikan pekerjaan atas MOU yang sudah dilakukan Bupati beberapa waktu lalu akan dimulai diawal tahun 2019 “Memang kemarin itu ada 12 titik irigasi yang mendapatkan anggaran dari dana hiba, tapi belum bisa dikerjakan secara keseluruhan ditahun 2019. Program ini terlebih dahulu dibiayai oleh Daerah melalui APBD setelah itu baru mendapatkan ganti dari Kementerian Keuangan, kalau melihat posisi APBD kemungkinan baru bisa dikerjakan 2 irigasi. Perjanjian inikan berlaku sampai 2021,”Ujar Wajong.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian mengakui dari bantuan dana hiba tersebut pihaknya hanya sebatas pemberdayaan “Untuk pembangunan irigasi bukan jadi kewenangan kami, dari bantun dana hiba itu kami hanya sebagai pemberdayaan kepada petani,”Terangnya.

Adapun 12 titik irigasi yang akan dibiayai oleh bantuan dana hiba yaitu D.I Bongkudu, D.I Tadoy, D.I Langagon, D.I Bolangat I, D.I Otam, D.I Tungoi I-II, D.I Sikala I-II, D.I Tanoyan, D.I Mosinggogoi, D.I Yoyapon, D.I Pinaingan, D.I Mogolitas, dengan total panjangan keseluruhan 33.127 Meter.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *