Cegah Perdagangan Orang Pemkab Bolmong Gelar Sosialisasi

Foto Istimewah

Bolmong,PilarSulut.Com – Maraknya perdangan orang yang mengintai wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) jadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong). Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) mengelar sosialisasi pembentukan komunitas Peduli Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdangangan Orang (TP-PPO).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Seketariat Daerah (Setda) ini turut dihadiri Wakil Bupati Bolmong , Yanny R Tuuk, Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang, DP3A Provinsi Sulut, Ketua Pusat Study Gender Universitas Negeri Manado (Unima) para sangadi dan perangkat desa.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan perdangangan orang atau Human Trafficking adalah bentuk eksploitasi atau perbudakan modern “Dari penilaian perdagangan orang ini sebagaian besar yan menjadi korban adalah anak anak dan perempuan,”Kata Tuuk.

Selain itu ia mengungkapkan perdagangan orang ini korbannya daru waktu ke waktu terus mengalami peningkatan namun dengan pola yang berbeda “Bila 10 tahun lalu korban perdagangan orang ini lebih di eksploitasi untuk tujuan prostitusi namun saat ini sudah berbeda. Saat ini para korban dijadikan pengedar narkoba, perdagangan organ tubuh dan pornografi online,”Ungkapnya.

Iapun mengakui pembentukan TP-PPO ini dirasa sangat penting. Sebab tujuannya untuk mencegah bertambahnya korban trafficking “Tentunya melalui peran aktif masyarakat setempat sebagai agen perubahan, dengan menitik beratkan pada pencegahan dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada,”Pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *