Bahas RPJMD 5 Tahunan Pemkot Kotamobagu Gelar FGD

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Focus Group Discussion (FGD), kegiatan tersebut dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 – 2023 di ruang rapat Bapelitbangda.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Adnan Massinae. Sekda dalam sambutannya menyampaikn, penyusunan RPJMD Kotamobagu tidak lagi memiliki ganjalan berkaitan dengan dinamika politik Daerah.

“Memang dalan penyusunan RPJMD ini ada hal menganjal yaitu dinamiki politik, ini yang harus diperhitungkan. Sebab sifatnya yang tidak tetap dan berubah ubah, sehingga sulit untuk diprediksi.
Namanya juga Kabupaten/Kota itu secara administrasi ada daerah otonom, namun dari sisi kebijakan penyelenggaraan dan penganggaran kita masih cukup susah,”Ucap Adnan.

Adapun berubahnya RPJMD menurut Adnan lebih disebabkan oleh beberapa pertimbangan, namun yang paling dominan itu terjadinya pergantian Pemerintahan sehingga perlu adanya penyesuaian visi dan misi.

“Apa lagi kondisi saat ini, tahun depan akan ada Pilpres dan Pileg tentunya akan ada perubahan, kalau itu terjadi di Pusat pasti akan mempengaruhi kondisi dan situasi di Daerah,”Terangnya.

Sehingga Adnan menambahkan perlu adanya forum diskusi agar dapat memetahkan rencana Pemerintah Daerah kedepan seperti apa “Kalaupun RPJMD akan berubah, maka paling tidak hanya sediki saja yang berubah. Sehingga sangat perlu adanya perencanaan ini agar kedepan bisa lebih baik lagi,”Sambungnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *