Banner Bawah Utama

2 Tahun Bekerja Dipembangunan Pablik PT CONCH Puluhan Pekerja Ini Tak Miliki BPJS Ketenaga Kerjaan

2 Tahun Bekerja Dipembangunan Pablik PT CONCH Puluhan Pekerja Ini Tak Miliki BPJS Ketenaga Kerjaan

Bolmong,PilarSulut.Com – Miris nasib puluhan pekerja local, pada PT MCC 17 Konstruksi Indonesia yang menjadi Sub kontrak  PT Conch Nort Sulawesi Cement (CNSC) berlokasi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Desa Inobonto Kecamatan Bolaang, ini sudah bekerja hamper 2 tahun namun tak masuk sebagai peserta dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini terungkap dari salah satu karyawan PT MCC 17 Konstruksi Indonesia. Menurut sumber yang namanya diwanti wanti untuk tidak dipublis mengaku mulai khawatir, pasalnya perusahaan yang menjadi tempat ia bekerja sejak dua tahun terakhir dalam waktu dekat akan segera mengakhiri pekerjaan dalam pembangunan pabrik semen milik PT CONCH.

“Selama ini memang kami hanya dijanjikan mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan, tetapi sampai saat ini tidak pernah ada. Saya sudah dua tahun bekerja disini, setiap bekerja sering was was jangan ada insiden lantas saya tidak masuk dalam kepesertaan, biasanya kalau sakit kami harus mengunakan uang pribadi dan tidak masuk kerja secara otomatis tidak digaji, karena perhitungan gaji disini dihitung perhari,”Ungkap sumber yang namanya tak mau dipublikasi.

Namun menurutnya baik Perusahaan induk dalam hal ini PT CONCH dan beberapa perusahan Sub kontraktor karyawannya mendapatkan jaminan ketenagakerjaan “Disini ada beberapa perusahaan sub kontraktor, karyawannya mendapatkan BPJS dan gajinya juga lebih besar berbeda dengan kami sudah, gaji sudah kecil tidak ada BPJS. Saat ini kami juga mulai khawatir sebab pekerjaan sub kon sudah hamper selesai, sejumlah perusahaan sub kon juga sudah mulai memulangkan Tenaga Kerja Aisng. Nah kalau perusahaan angkat kami pasti kami yang tidak ada BPJS tidak mendapatkan dana pension ataupun pesangon,”Katanya.

Lebih lanjut untuk membuktikan informasi ini benar sejumlah awak media, Kamis 8/11 sore mendatangi PT CNSC yang terletak di jalan Trans Sulawesi. Sebelum menuju kantor Sub kon PT MCC 17 Konstruksi Indonesia yang berada di dalam area pabrik milik PT CNSC awak media harus melewati pos Security, namun dari percakapan dengan dua petugas, sejumlah awak media tidak diberikan kesempatan untuk melakukan konfirmasi.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *