Banner Bawah Utama

Pemkot Kotamobagu Tekan Angka Putus Sekolah

Pemkot Kotamobagu Tekan Angka Putus Sekolah

Foto Iluatrasi

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Angka Putus sekolah di Kotamobagu menyentu 76 siswa yang terdiri siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) dengan jumlah 19.121 siswa.

Jumlah ini tentunya kontras dengan kondisi pendidikan yang ada di Kotamobagu, yang dapat dikatakan sangat mudah mendapatkan akses pendidikan, terlebih Pemerintah Kotamobagu telah menyiapkan progran anak asuh Daerah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, penyebab putus sekolahnya sejumlah siswa baik SD dan SMP di Kotamobagu lebih disebabkan faktor ekonomi dan lingkungan “Sebenarnya ada berbagai faktor, tetapi yang paling cenderung itu karena ekonomi dan lingkungan. Lingkungan ini dipengaruhi oleh keluarga yang sering berpindah pindah, sehingga anak ini tidak mempunya status yang jelas sekolah dimana,”Kata Rukmi Simbala.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Dasar mengungkapkan jumlah tersebut sudah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2017 “Angka tersebut sudah ada penurunan meskipun memang tidak terlalu signifikan. Ini dipengaruhi adanya berbagai program pendidikan yang disiapkan Pemerintah Pusat dan Daerah. Salah satu contohnya progran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program anak asuh Pemerintah Daerah yang dikhususkan bagi anak kurang mampu,”Ungkap Rastono.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *