Banner Bawah Utama

Ini Video Penobatan Walikota Kotamobagu Sebagai Pemangku Adat Serta Menempati Rumah Dinas Walikota Dan Wakil Walikota

Ini Video Penobatan Walikota Kotamobagu Sebagai Pemangku Adat Serta Menempati Rumah Dinas Walikota Dan Wakil Walikota

Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara Mengunakan Pakaian Kebesaran Bogani Perempuan Bersama Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan, Dan Ketua TP-PKK Kotamobagu, Anki Mokoginta / Foto Humas

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Empat pemangku adat di 4 Kecamatan serta 33 pemangkut adat di Kelurahan dan Desa se Kotamobagu  mengelar sidang adat atau Mo Bakid dalam bahasa Bolaang Mongondow. Sidang  yang dipusatkan di Lapangan Boki Hotinimbang ini sebagai prosesi pemberian gelar adat kepada Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara yang selain menjabat kepala Pemerintahan, Ir Hj Tatong Bara juga sebagai pemangku adat tertinggi di Daerah.

Prosesi Memakaikan Pakaian Adat Kebesaran Bogani Perempuan

Prosesi adat yang dimulai dengan penjemputan itum itum serta tarian tuitan yang bermakna sebagai tarian penjemputan perang yang selanjutnya Walikota Kotamobagu melewati proses adat Mo Gitak Kon Uwatoi (Menginjak Besi) yang bermakna seorang pemimpin terhindar dari segala musibah atau penyakit.

Selanjutnya Walikota Kotamobagu Momama’ (Makan Pinang) yang disuguhkan oleh dua orang perempuan. Setelah melewati prosesi adat tersebut, Walikota Kotamobagu dipakaikan pakaian adat kebesaran Bogani Perempuan oleh Bolian atau seseorang yang menyiapkan pakaian adat tersebut. Setelah mengenakan pakaian adat kebesaran Bogani Perempuan, Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara menerima Tungkud atau Tongkat yang melambangkan kepemimpin, dari Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow yang sebelumnya telah dinobatkan atau menerima gelar Kolano In Bolaang Mongondow (Pemangku Adat Tertinggi di Bolaang Mongondow). Setelahnya Walikota Kotamobagu bersama pemangku adat di 33 Desa dan Kelurahan mengucapkan janji atau Dodandian dalam bahasa Mongondow.

Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan Bersama Ketua TP-PKK Kotamobagu Saat Mengikuti Upacara Adat Menempati Rumah Jabatan

Selain prosesi adat penobatan gelar Kolano In Kota Kotamobagu (Pemangku Adat Tertinggi di Kota Kotamobagu) kepada Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu juga melaksanakan upacara adat Poponikan Kon Komalig Walikota Kotamobagu dan Wakil Walikota Kotamobagu. (Advetorial)

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *