Banner Bawah Utama

Gubernur Olly Instruksikan Bupati -Walikota Waspada Bencana dan Yakinkan Masyarakat Kondisi Aman

Gubernur Olly Instruksikan Bupati -Walikota Waspada Bencana dan Yakinkan Masyarakat Kondisi Aman

Manado, PilarSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menginstruksikan agar Para Bupati/Walikota serta semua pihak di Sulawesi Utara agar meyakinkan masyarakat serta dunia luar  sampai saat ini kondisi daerah Sulut masih dalam keadaan kondusif aman terkendali. 

Gubernur Olly juga menginstruksikan kepada seluruh Bupati Walikota untuk waspada serta tetap siaga akan bencana  alam yang bisa datang kapan saja.

Hal tersebut disampaikan Gubernur kepada para Bupati Walikota se Sulut melalui Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekretaris Daerah Edwin Silangen, Rabu (3/10/2018).

Instruksi ini diberikan karena terjadinya bencana alam di Sulawesi Tengah dan erupsi gunung Soputan yang terjadi pada Rabu pagi. Untuk itu stakeholders terkait diminta tetap waspada dan sigap jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Disampingnya itu Gubernur juga menginstruksikan agar Kabupaten/Kota untuk melakukan terobosan yang konkrit dalam membuat program kegiatan yang bermanfaat bagi mitigasi bencana di daerah masing-masing mengingat daerah Sulut termasuk rentan dengan bencana.

Semua stakeholders saat ini harus terus berkoordinasi dan  mempersiapkan semua keperluan terkait penanggulangan bencana, mendata semua relawan bencana, satkorlak penanggulangan bencana. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang SOP evakuasi jika terjadi bencana.

Disamping itu, masyarakat diminta juga tidak gampang mempercayai informasi yang beredar di media sosial  baik dalam bentuk foto maupun video terkait suasana daerah Sulut pasca erupsi gunung Soputan. Seperti contoh informasi video erupsi gunung di Amerika Selatan yang beredar oleh orang tak bertanggungjawab disebarkan dengan informasi situasi erupsi Gunung Soputan, Sutopo Purwo Nugroho Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan informasi tersebut tidak benar dan jangan disebarkan.

Semua informasi harus di cek kebenarannya dari pihak yang kredibel agar tidak tercipta informasi yang tidak benar, meresahkan hingga berdampak pada gangguan keamanan daerah. (*)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *