Banner Bawah Utama

Bupati Bolmong Tindak Lanjuti Rekomendasi KPK

Bupati Bolmong Tindak Lanjuti Rekomendasi KPK

Bolmong,PilarSulut.Com – Terungkap dalam monitoring dan evaluasi (Monev) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 9/10 kemarin, sejumlah perizinan masih dikelola Instansi terkait.

Namun jika merujuk pada Peraturan Presiden 91 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, Pasal 1 poin 12 yang berbunyi, Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang selanjutnya di singkat PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahao permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan melalui satu pintu.

Temuan tersebut lantas menjadi rekomendasi KPK melalui bidang Korsupgah kepada Bupati Bolmong bersama jajaran Pemkab Bolmong. Menurut Muh Indra Furqon semua perizinan seharusnya berada di PTSP “Tidak bisa lagi instansi terkait mengeluarkan izin, ini salah satu pintu masuk terjadinya pelanggaran atau penyimpangan. Sehingga semua perizinan disatukan pada PTSP atau Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),”Kata Indra.

Terpisah Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow, Selasa 9/10 kemarin menyampaikan segera menindaklanjuti rekomendasi Korsupgah “Hari ini (red,kemarin) saya akan mengeluarkan surat perintah pelimpahan semua perizinan baik Non Perizinan dan Perizinan di DPMPTSP,”Terang Yasti.

Sementara itu jumlah perizinan yang saat ini menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Bolmong berjumlah 45 perizinan yang terbagi dalam 15 bidang. Jumlah tersebut hingga saat ini masih sepenuhnya dikelola Instansi terkait.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *