Banner Bawah Utama

Bukan Hanya Objek Wisata Batu Putih Desa Bilalang Satu Menyimpan Wisata Air Panas

Bukan Hanya Objek Wisata Batu Putih Desa Bilalang Satu Menyimpan Wisata Air Panas

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Desa Bilalang Satu, Kecamatan Kotamobagu Utara tidak hanya menyimpan potensi wisata batu putih Malelang, desa yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow rupanya menyimpan objek wisata air panas, yang konon menurut cerita masyarakat desa tersebut air panas berasal dari gunung ambang, satu satunya gunung berapi di Bolaang Mongondow Raya.

Jarak lokasi air dengan pemukiman warga berkisar 1 kilomter, pengunjung akan melewati pinggiran sungai desa bilalang. Dari cerita warga, dulunya air panas jadi tempat pemandian warga zaman dulu “Karena dulunya itu tempat pemandian warga jadi masih terawat baik, tetapi saat ini tidak lagi karena pada umumnya masyarakat desa sudah mempunyai tempat pemandian sendiri di rumah,”Kata Herlina Mokoginta, Ketua RT 8.

Selain cerita air panas berasal dari gunung ambang, masyarakat jaman dahulu mempercayai, air panas tersebut bisa menyembuhkan penyakit “Memang pada dasarnya air panas dari gunung merapai mempunyai khasiat, beberapa penyakit diyakini bisa sembuh jika secara rutin mandi mengunakan air panas tersebut. Dan ini juga sudah diyakini sejak jaman dulu,”Terangnya.

Sementara itu Pemerintah Desa Bilalang I tengah merencanakan rehabilitas dan perbaikan sarana penunjang di lokaai air panas. Objek wisata tersebut sudah pernah dikunjungi Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengembangan wisata di Kotamobagu “Kalau dari Pemerintah desa memang sudah merencanakan untuk memperbaiki kembali air panas tersebut agar bisa menjadi penyumpang PAD untuk desa. Disamping itu, Pemprov Sulut melalui Dinas pariwisata sudah mengunjungi,”Sambung Mokoginta.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *