Wisata Batu Putih Malelang Desa Bilalang Masuk Dalam Program Pemprov Sulut

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Satu lagi objek wisata alam yang menakjubkan diwilayah Kotamobagu. Objek wisata batu putih Malelang ini terletak di desa Bilalang 1, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Objek wisata ini berjarak hampir 1 kilometer dari pemukiman warga, dengan waktu tempu 30 menit. Untuk sampai ke batu putih Malelang ini pengunjung harus melewati beberapa bukit kecil dan sungai. Namun kondisi tersebut akan sebanding dengan panorama yang akan dinikmati pengunjung.

Kepala Desa Bilalang I Badaria Mokoginta melalui Sekertaris Desa Hartono Mamonto mengatakan, lokasi batu putih sudah ditetapkan sebagi potensi wisata kotamobagu, sehingga menjadi prioritas Pemerintah desa untuk dikembangkan.

“Beberapa kali Pemerintah Kotamobagu dan Pemerintah Provinsi mengunjungi ke tempat tersebut. Makanya wajar jika Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasukannya dalam daftar wisata yang akan dikelola,”Terang Hartono

Disamping itu dirinya berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dapat membantu mengembangkan objek wisata batu putih Malelang “Selain pengembangan dari Pemerintah Desa Bilalang berupa pembukaan jalan, kami juga berharap ada bantuan dari Pemkot Kotamobagu,”Harapnya.

Sementara itu Ketua RT 8 Herlina Mokoginta Desa Bilalang I menjelaskan, Batu Putih Malelang sudah ada sejak Ia berada di kampung tersebut “Batu putih ini sudah sejak dulu. Dari cerita orang tua jaman dahulu seperti itu. Dan sampai saat ini masih seperti itu, tidak ada perubahan dan belum ada juga yang melakukan penilitian,”Jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adati menambahkan, kawasan batu putih malelang bukan pasir yang umumnya ada di pantai. Namun, itu adalah bongkahan batu-batu putih di perbukitan yang menarik untuk dikunjungi “Dari cerita warga panutan setempat juga, batu-batu ini diduga dari letusan gunung ambang yang tak jauh dari lokasi tersebut. Nah, kami sudah kunjungi ini, dan kawasan tersebut sudah masuk dalam kawasan pengembangan pariwisata Provinsi Kotamobagu,”Terang Agung.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *