Banner Bawah Utama

Sejumlah Nama OPD Dan Bagian Di Pemkot Kotamobagu Diubah

Sejumlah Nama OPD Dan Bagian Di Pemkot Kotamobagu Diubah

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah, Provinsi dan Daerah se Kabupaten/Kota Yang Melaksanakan Fungsi Penunjang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu saat ini tengah melakukan penggodokan atas perubahan sejumlah nama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah perubahan struktural.

Perubahan nama serta struktur tersebut dibenarkan Kasubag Kelembagaan dan Analisis Jabatan, Bagian Organisasi Perangkat Daerah. Menurutnya Pemerintah Kota tinggal menunggu rekomendasi dari Pemprov Sulut untuk pembahasan Peraturan Daerah (Perda) bersama DPRD terkait perampingan serta perubahan nama OPD.

“Memang ada peramping bagian dan Badan serta Dinas yang namanya berubah. Ini sesuai dengan Permendagri nomor 5 tahun 2017, perubahan struktur dibagian dan perubahan nama harus dilakukan sebelum Desember,”Terang Chandra Saniman.

Terpisah Sekretaris Kota (Sekot) Adnan Massinae menyampaikan dengan adanya perampingan OPD ini diharapkan lebih efisien lagi dalam pencapai “Kita mengharapkan organisasi secara bertahap lebih ramping, agar potensi semakin efesien dalam pencapaian kinerja. Serta pola penetapan tupoksi juga nanti semakin simple,”Jelas Adnan.

Adapun Bagian yang mengalami perampingan yaitu Bagian Humas serta Bagian Tata Usaha Pimpinan digabungan menjadi Bagian Tata Usaha Pimpinan Dan Humas.

Sedangkan untuk Badan yang mengalami perubahan yaitu Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) berubah menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) menjadi Badan Pengelola Keuangan Pendapatan Daerah (BPKPD), serta Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) diubah menjadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manuasia (BKPSDM).

Sementara untuk Instansi terdapat 3 Dinas yaitu Dinas Pariwisata Dan kebudayaan (Disparbud), menjadi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar). Dinas Kepemudaan Dan Olahraga (Dispora) Menjadi Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora). Serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan diubah menjadi Dinas Kearsipan.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *