Pilsang Poyowa Kecil Mulai Bergulir

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemilihan Sangadi (Pilsang) desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan mulai dilaksanakan. Pilsang Pergantian Antara Waktu (PAW) ini dilaksanakan untuk mengisi sisa masa jabatan Sangadi definitif yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Saat ini tahapan Pilsang telah memasuki masa pendaftaran. Dari data yang didapatkan awak media hingga saat ini baru dua orang yang mendaftarkan diri sebagai calon sangadi.

Terpisah sekertaris Desa Poyowa Kecil Jupriadi Bonok menyampaikan, pendaftaran akan dibuka sampai Oktober mendatang “Pendaftaran sudah mulai dibuka dan akan berakhir pada 7 Oktober nanti. Sampai saat ini baru 2 orang yang mendaftar,”Kata Bonok.

Adapun salah satu persyaratannya, calon sangadi haruslah warga desa Poyowa Kecil “Yang mendaftar itu harus warga sini dan minimal jumlah pendaftar harus 3 orang. Kalaupun melebih 3, akan dilakukan seleksi,”Terangnya.

Terpisah, Kasubag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Wiwi Sabunge menambahkan, pemilihan sangadi antar waktu tersebut dilakukan untuk mengisi kesosongan jabatan sangadi poyowa kecil.

“Sangadi pertamakan baru dua tahun menjabat  dan meninggal dunia, sehingga digantikan Pjs sangadi selama satu tahun. Pjs Sangadi ini tugasnya mempersiapkan pemilihan sangadi antara waktu untuk menyelesaikan masa jabatan yang masih ada 3 tahun,”Jelas Sabunge.

Sedangkan untuk proses pemilihan lanjut Wiwi, akan diwakilkan oleh Empat orang keterwakilan dari 14 unsur masyarakat. Seperti keterwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). “Jadi tiap unsur itu ada keterwakilan sebanyak 4 orang. Nah, empat orang itu yang nantinya akan mewakili unsur lembaga tersebut untuk melakukan pencoblosan nanti,”Pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Bukan Hanya SMK Icthus yang Ditutup, Gubernur Olly: Sudah 8 Sekolah Bermasalah yang Ditutup

Manado, PilarSulut.com – Terkait penutupan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Icthus di Kota Manado oleh pee …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *