Banner Bawah Utama

Dirjen Otda Sumarsono Akui OD-SK Bawa Sulut Makin Hebat

Dirjen Otda Sumarsono Akui OD-SK Bawa Sulut Makin Hebat

Manado, PilarSulut.com – Direktor Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr Soni Sumarsono, MDM menilai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang saat ini sedang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw (OD-SK) telah membawa sulut semakin hebat dan berprestasi.

Hal itu diakui mantan Penjabat Gubernur Sulut ini kepada wartawan saat diskusi bersama disalah satu cafe Kawasan Megamas Manado, Minggu (23/9/2018) sore.

Namun untuk kemajuan bumi nyiur melambai kedepan yang lebih baik lagi dirinya memberikan beberapa saran terkait beberapa potensi yang harus dikembangkan diantaranya perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Ia beralasan, upayannya selama menjabat gubernur ikut membantu membebaskan lahan. Makanya, Sumarsono berharap muda-mudahan KEK segera direalisir karena menjadi salah satu potensi Sulut untuk mempromosikan kepada investor.

Kedua, Ia menegaskan membangun Sulut tidak harus selalu menggantungkan kepada kekuatan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD).

“APBD ini hanya berpengaruh 30 persen dan 70 persen kekuatan pembangunan swasta dan swadana masyarakat,”terangnya.

Kendati presentase begitu jauh, namun Ia menjelaskan kedepan untuk Sulut harus dicari sumber-sumber yang lain diluar APBD melalui pola-pola kerja sama operasional kemudian dengan menggarap pihak swasta.

Selain itu, perlu adanya pemanfaatan aset-aset yang dilakukan pemerintah daerah. Bagaimana kekuatan APBD sangat minim tetapi bisa memacu pembangunan inventarisasi diluar APBD termasuk didalamnya memanfaatkam aset-aset Pemprov.

“HUT ke-54, dirgahayu Sulut. Semoga makin maju. Ada perkembangan luar biasa kita amati bersama”, ujar Sumarsono. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *