Banner Bawah Utama

Penamaan Bandara Lolak Final

Penamaan Bandara Lolak Final

Bolmong,PilarSulut.Com – Bandar Udara yang ada di desa Lalow, Kecamatan Lolak, saat ini tengah dalam pembangunan, tidak lama lagi akan mengantongi nama dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sepintas Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow dalam beberapa kesempatan telah menyebutkan nama Bandara Lolak dengan nama raja Bolaang Mongondow.

Hari ini, Rabu, 8/8 dalam peletakan batu pembangunan terminal tipe A di desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Yasti kembali menyubut nama Bandara Lolak dengan Bandara Loloda Mokoagow “Pertemuan dengan Menteri Perhubungan Jumat pekan lalu, Menteri menyampaikan akan diusahakan akhir 2019 Bandara Loloda Mokoagow sudah bisa di darati pesawat jenis ATR. Namun sebagai orang yang perna duduk di Komisi V DPR RI, saya melihat tidak bisa. Sebab hitung hitungan pembangunan Bandara itu masih membutuhkan dana sekitar 200 Miliar,”Ucap Yasti.

Lebih lanjut, awak media menanyakan kepastian penamaan Bandara, menurut Yasti sudah Final “Tahun 2017 juga sudah disampaikan ke Kementerian nama Bandara Lolak itu Loloda Mokoagow,”Singkat Yasti.

Menanggapi penamaan Bandara Lolak dengan Nama Loloda Mokoagow, pemerhati budaya Bolaang Mongondow menyampaikan pada dasarnya tidak ada masalah dengan memilih nama Loloda Mokoagow “Ada banyak tokoh di Bolmong sebelum masa kerajaan dan saat kerajaan, yang layak namanya di abadikan sebagai nama tempat, mereka ini yang punya kontribusi terhadap Bolmong. Salah satunya Loloda Mokoagow, tapi Loloda ini bukan Raja melainkan adalah pemimpin Pemerintahan Adat sebelum adanya campur tangan Belanda,”Terang Chairun Mokoginta.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *