Banner Bawah Utama

Dispertanak Bolmong Gelar Verifikasi Kembali Kelompok Tani

Dispertanak Bolmong Gelar Verifikasi Kembali Kelompok Tani

Foto Penyerahan Alsintan Beberapa Waktu Lalu

Bolmong,PilarSulut.Com – Banyaknya bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang berasal dari APBD dan APBN bagi kelompok tani di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengharuskan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) melakukan verifikasi kembali kelompok tani.

Verifikasi penting dilakukan untuk memastikan penerima bantuan Alsintan tepat sasaran dan kelompok yang aktif. Hal ini dikatakan Kepala Dispertanak, Remon Ratu saat ditemui awak media “Verifikasi ini sesuai dengan arahan Bupati Bolmong agar bantuan Alsintan itu benar benar dikelola kelompok tani dan bukan pribadi,”Terang Ratu.

Selain itu juga terdapat perubaham makanisme dalam penyaluran bantuan Alsintan “Kalau tahun tahun sebelumnya bantuan yang diberikan kepada kelompok tani itu berdasarkan data yang diserahkan oleh Brigade Alsintan Bolmong “Nantinya bantuan yang kami terima dari Pemerintah pusat itu proses penyalurannya tidak lagi lewat Brigade Alsintan tapi sudah diserahkan kepada Kepala Desa, yang paling tau kondisi masyarakat itukan Kepala Desa,”Kata Ratu.

Sementara itu, jumlah bantuan Alsintan untuk tahun 2018 ini Ratu mengungkapkan cukup banyak “Ada bantuan yang di lobi langsung oleh Bupati dan ada dalam bentuk program Pemerinta Daerah. Saat ini jumlahnya sudah puluhan untuk tracktor roda dua saja ada 20 unit, tractor roda 4 ada 10 unit bantuan dari Kementerian dan ada juga Excapator 2 unit,”Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ratu berharap dengan adanya bantuan bantuan Alsintan ini dapat memasukan sistem pertanian di Bolmong “Tujuannyakan agar cara bertani di Bolmong itu lebih moderen dan cepat serta jumlah produksi juga meningkat,”Pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *