Banner Bawah Utama

Progres Pembangunan Runway Bandara Bolmong Capai 10 Persen

Progres Pembangunan Runway Bandara Bolmong Capai 10 Persen

Bolmong,PilarSulut.Com – Progres pembangunan bandar udara Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow hingga minggu ke enam bulan Juli mencapai 10 persen. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Prasarana, Dinas Perhubungan.

“Sudah 10 persen progres pekerjaan, yang meliputi penimbunan runway dan pengerasan. Untuk ketinggi runway diatas pasang surut air laut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak ada luapan air yang masuk ke area runway,”Kata Zulfadli Binol.

Dijelaskannya, dari anggaran sebanyak Rp 16,5 Miliar hanya dapat mengerjakan runway dengan panjang 175 Meter “Tahun ini hanya dapat dikerjakan panjang 175 Meter dari target 1.400 Meter untuk tahap 1. Sedangkan untuk lebar 150 Meter yang ditimbun saat ini, 30 meternya untuk badan runway. Adapun kelebihanya 60 meter sisi kanan dan 60 sisi kiri yaitu runway strip/shoulder,”Jelas Binol

Adapun kelanjutan pembangunan bandara tahun 2019 mendapatkan anggaran sebesar Rp 32 Miliar “Tahun 2019 anggaranya sudah ada, kelanjutan pematangan lahan runway Rp 27 Miliar sedangkan sisanya untuk pemagaran bagian dalam bandara,”Sambung Binol.

Sekedar informasi, pembangunan bandar udara lolak, Bolaang Mongondow direncanakan dalam 3 tahap yang meliputi tahap 1 pematangan lahan runway panjang 1.400 dan pemagaran bagian dalam bandara. dilanjutkan dengan tahap 2, pematangan lahan runway panjang 2.200, sedangkan untuk tahap 3, penambahan pematangan lahan runway dari 2.200 sampai 2.600 dan pembangunan gedung badara.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *