Banner Bawah Utama

Ditetapkan Sebagai Pemenang ;  Sederet Nama Beken Di Kubuh JADI JO Tumbang di Tangan Tatong Bara

Ditetapkan Sebagai Pemenang ;  Sederet Nama Beken Di Kubuh JADI JO Tumbang di Tangan Tatong Bara

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotamobagu tahun 2018 telah mencapai babak final penetapan calon Walikota – Wakil Walikota Kotamobagu periode 2018 – 2023, melalui rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu pada Kamis,5/7 kemarin.

Pasangan calon Walikota – Wakil Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara – Nayodo Kurniawan (TBNK) periode 2018 – 2023 ditetapkan sebagai pemenangan dengan perolehan suara 37.408 suara, dan mengunguli lawan politiknya, yaitu Drs Jainudin Damopolii – Suharjo Makalalag (JADI JO), hanya mendapatkan dukung sebanyak 31.560 suara.

Menariknya dalam kontestasi Politik Kotamobagu ke 3 tersebut menyisahkan sederet cerita. Sudah menjadi rahasi umum dalam pesta politik keberpihakan tokoh tokoh politik local Bolaang Mongondow Raya (BMR) terhadap pelaksanaan Pilkada di 4 Kabupaten dan 1 Kota ini. Bahkan meskipun berseberangan dengan keputusan Partai politik. sejumlah tokoh politik ini secara terang terangan mendukung pasangan lain.

TBNK yang mengantongi mandate 8 parpol ini rupanya tidak mendapatkan dukung penuh dari sejumlah ketua ketua partai yang ada di Daerah, dua diantaranya yang sering terlihat tidak memberikan dukungan yaitu, ketua DPW PAN Sulut, Sehan Salim Landjar dan Ketua DPC PDI Kabupaten Bolsel, Herson Mayulu. Dua tokoh politik BMR ini tengah memengang posisi strategis sebagai Kepala Daerah di BMR. Meskipun mempunyai inflastruktur politik yang mumpuni di Kotamobagu, namun keberadaan dua tokoh politik ini tak bisa mengimbangi kekuatan dan ketokohan srikandi Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Bukan hanya Sehan Lanjar dan Herson Mayulu yang tengah menghiasi mimbar politik pasangan JADI JO, beberapa sesepuh politik dan mantan birokrasi BMR terlihat mendampingi pasangan yang maju lewat jalur independent ini, seperti mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut, Syahrial Damopolii yang dimandatkan sebagai Ketua Tim pemenangan JADI JO, mantan birokrasi pemprov Sulut, Gun Lapadengan, dan mantan Pjs Bupati Bolsel A.R. Mokoginta.

Sementara itu, Tatong Bara beberapa waktu lalu usai menyaksikan hitung cepat di rumah pemenangan TBNK saat dikonfirmasih awak media terkait sejumlah tokoh politik yang berseberangan, bahkan tidak memberikan dukungan pada dirinya, Tatong tak memberikan banyak komentar. Namun bagi perempuan yang tiga kali meraih kemenangan di Pilkada Kotamobagu ini memberikan bobot nilai sama “Bagi yang mendukung dan tidak saya memberikan bobot nilai yang sama. Tidak ada yang saya bedakan, semuanya sama,”Singkat perempuan peraih 5 kali Opini WTP dari BPK RI.

Namun dibalik kesuksesan Tatong Bara terdapat peran penting Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow. Sudah jadi rahasia umum pula perkawanan dua srikandi BMR. Yasti yang secara terang terangan all out dalam orasi politiknya di kampanye akbar beberapa waktu menegaskan warga Kotamobagu harus memilih pemimpin yang muda, segar dan kuat.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *