Banner Bawah Utama

Diduga Satu Warga Cina Meninggal Diarea Pabrik PT Conch, LSM Minta Pemprov Hentikan Aktifitas PT Conch

Diduga Satu Warga Cina Meninggal Diarea Pabrik PT Conch, LSM Minta Pemprov Hentikan Aktifitas PT Conch

Bolmong,PilarSulut.Com – Diduga meninggalnya satu karyawan PT Sinoma Indonesia yang bekerja di pabrik PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC) terletak di desa Inobonto, adalah warga Negara Cina.

Informasi ini disampaikan salah satu karyawan yang bekerja di PT CNSC. Menurut sumber yang namanya tak ingin dipublikasikan. Korban adalah warga Negara Cina “Bukan karyawan PT Conch, tapi subcon dari PT Sinoma Indonesia. Waktu jatuh kepalanya terbentur di roda dua yang diparkir dibagian bawah gedung. Saat jatuh tidak dengan helm, sehingga langsung meninggal,”Terangnya.

Terpisah, jatuhnya korban di area pabrik PT Conch ini mendapatkan perhatian dari LSM Swara Bogani. Menurut Ketua Swara Bogani, Kepala Teknik Tambang (KTT) adalah penanggungjawab dalam insiden tersebut “Kami menilai ada kelalain sampai jatuhnya korban bahkan diduga sampai meninggal,”Kata Rafiq Mokodongan.

Dirinyapun menanyakan penerapan perlindungan atau safety bagi pekerja pabrik “Seperti apa penggunaan safety bagi pekerja pabrik ini. Apakah mereka benar benar mengunakan pelindung. Selain itu apakah para pekerja diketinggi itu sebelum bekerja sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, jangan sampai pekerja itu tidak biasa dengan ketinggian. Intinya, kami meminta pihak Pemprov Sulut dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi melakukan pemeriksaan terkait dengan insiden tersebut. Jika ada kesengajaan Pemprov harus menghentikan aktifitas PT CNSC ini. Selain itu juga kami minta pihak kepolisian agar dapat turun dan melakukan pemeriksaan terkait penyebab jatuhnya pekerja. Ini bukan persoalan Warga Negara Asing atau Warga Negara Indonesia, ini menunjukan bahwa PT Conch lalai dalam melindungi pekerjanya,”Pinta Mokodongan

Selain itu juga dirinya meminta agar Dinas Tenaga Kerja da Transmigrasi melakukan pemeriksaan terkait dengan dokumen warga Cina yang meninggal di PT Conch “Instansi teknis harus turun memeriksa dokumen pekerja yang jatuh dan diduga meninggal itu. Jangan sampai mereka tidak memiliki dokumen lengkap,”Terang Mokodongan.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *