Banner Bawah Utama

Desa Poyowa Besar Dua Jadi Pusat Produksi Telur Ayam

Desa Poyowa Besar Dua Jadi Pusat Produksi Telur Ayam

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Desa Poyowa Besar dua selain memiliki potensi sumber daya alam, rupanya desa yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan itu menjadi satu satunya center produksi ayam petelur. Hal ini bisa ditemui dari banyaknya usaha ayam peterlur, selain itu juga ternak ayam petelur ini dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian warga desa tersebut.

Seperti yang telah digeluti oleh Rafiq Endro Mokodompit ini, dirinya telah menekuni usaha ternak ayam sejak 25 tahun yang lalu. Usaha ini merupakan warisan secara turun temurun. Hal tersebut juga tidak lepas dari pangsa pasar ayam petelur yang menjanjikan.

“telur ayam ini salah saatu kebutuhan masyarakat, selian itu juga memiliki banyak manfaat dan untuk memasaknya tidaklah sulit. Sehingga kami benar benar menekuni usaha ini. Usaha sudah jalan sejak 25 tahun lalu merupakan warisan dari orang tua dan saya lanjutkan, kami juga sudah memiliki pelanggan tetap, jadi untuk pemasaran tidak lagi sulit,”Ungkap Mokodompit.

Adapun produksi telur yang mampu dihasilkan dari usaha ternak ayamnya milik Mokodompit mencapai 3.400 butir “Jumlah ayam 1.700 ekor, perharinya bisa dua kali berproduksi, harga perbaknya saat ini Rp 42.000 ribu per bak,”Sambungnya.

Disisi lain, Mokodompit mengakui, Modal yang dikeluarkan untuk merintis usaha tersebut tidaklah sedikit “Hampir 100 juta, ini digunakkan untuk pembuatan tempat, pembelian ayam, makanan ayam sampai dengan perawatan,”Bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa, Poyowa Besar Dua menambahkan pihaknya telah memperhatian prospek bisnis ayam petelur. Sehingga pihaknya berencana akan mendorong usaha tersebut lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Disinikan banyak warga yang menekuni usaha tersebut, sehingga untuk lebih mendorong jumlah produksinya, maka akan kami coba sentuh dengan dana desa, dari sisi akses jalan maupun kebutuhan lainnya,”Kata Yendi Mokoagow.

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *