Banner Bawah Utama

Dandes Pocil Diperuntuhkan Untuk Usaha Toko Bangunan

Dandes Pocil Diperuntuhkan Untuk Usaha Toko Bangunan

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Poyowa Kecil, sejak3 tahun terakhir telah mengalokasihkan sebagian Dana Desa (Dandes) untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang didalamnya mengelola beberapa sector usaha, salah satu usaha toko bangunan.

Menurut Plt Kepala Desa Poyowa Kecil, penggunaan Dandes untuk pengembangan Bumdes telah sesuai dengan regulasi yang ada, selain untuk pekerjaa inflastruktur Dandes juga bisa digunakan untuk usaha melalui Bumdes yang tujuannya agar Desa memiliki pendapatan sendiri “Banyak manfaat bagi yang kami dapatkan dari Dandes, salah satunya kami gunakan untuk usaha toko bangunan, selain membarikan keuntung atau Pendapatan Asli Desa (PAD) usaha ini juga bisa memberikan lapangan kerja bagi warga yang menganggur,”Kata Abdul Rifai Bambela.

Bukan hanya usaha toko bangunan saja yang saat ini tengah ditangani oleh pengelola Bumdes, rupanya sejumlah unit usaha tengah dijalankan “Ada juga Depot air minum, dan pangkalan LPG. Harganya punyai terjangkau, kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan warga Poyowa Kecil,”Lanjut Bambela.

Terpisah, Ketua BUMDes Poyowa Kecil menjelaskan, sejak didirikan tahun 2015, BUMDes ini telah beberapa kali mendapatkan suntikan dana “2015 BUMDes mendapatkan dana Rp 253 juta. Selanjutnya tahun 2016  Rp 70 juta tahun, dan tahun 2017 Rp 153 juta. Namun rupannya dana tersebut belum mencukupi untuk mengembangkan unit unit usaha di BUMDes. Beberapa usaha disini masih membutuhkan dana sebesar Rp 200 juta. Sehingga kami berharap Pemdes bisa kembali mengalokasihkan anggaran ke BUMDes,”Harap Chadra Alhabsi

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *