Banner Bawah Utama

PTUN Tolak Gugatan Suharjo Makalalag

PTUN Tolak Gugatan Suharjo Makalalag

Bolmong,PilarSulut.Com –Ketok palu majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado memupus gugatan Suharjo Makalalag, bersama kuasa hukum dengan registra nomor perkara : 11/G/2018/PTUN.Mdo dengan tergugat Bupati Bolaang Mongondow. diketahui Suharjo Makalalag menempuh jalur hukum atas diterbitkan surat jawaban oleh Pemkab Bolmong yang menanggapi surat pengunduran dirinya yang perlu dikaji lebih lanjut.

Adapun yang menjadi keputusan majelis hakim dalam sidang tersebut yaitu menerima eksepsi tergugat mengenai jawaban point 2 tentang objek sengketa bukan merupakan kualifikasi Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN), yang dalam pokok perkara menyatakan gugatan pengugat tidak dapat diterima, serta pengugat diwajibkan membayar biaya perkara.

Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow menanggapi putusan tersebut dengan ucapan syukur “Ya kami bersyukur atas putusan tersebut, sehingga hal ini sebagai pertanggungjawaban hokum dan moral selaku Pemerintah bahwa apa yang kami lakukan sudah sesuai ketentuan,”Ucap Yasti.

Sementara itu, Kasubag Hukum dan HAM, Pemkab Bolmong, Muh Triasmara Akub sebagai salah satu kuasa  hokum dari Bupati Bolmong mengakui sejak awal sudah memprediksi bahwa gugatan tersebut lemah “Secara argumentasi gugatan tersebut lemah, baik dalam posita dan petitum-nya. Objek sengketa yang selama ini digembar gemborkan bermasalah itu bukan kualifikasi KTUN yang lumrahnya menjadi objek Peradilan Tata Usaha Negara, sehingga wajar saja dalam perkara a quo dinyatakan Tidak Dapat Diterima (Niet Ontvankelijkte Verklaard),”Terang Akub.

Lebih lanjut, Akub menyampaikan pihaknya masih akan mengunggu salinan putusan atas perkara tersebut “Kami masih akan menunggu salinan yang selanjutnya akan dipelajari sambil menyiapkan hal hal yang diperlukan. Kami menyangkan hari ini penggugat tidah hadir, sehingga kami belum tahu sikap dari pengugat atas putusan tersebut,”Pungkasnya.

Terpisah, Suharjo Makalalag saat dihubungi awak media mengaku belum menerima salinan putusan “Kami belum bisa menyampaikan sikap terkait adanya putusan tersebut, karena belum menerima salinan putusan. Namun, inti dari gugatan tersebut adalah surat pengunduran diri. Tapikan saat ini Pemkab sudah mengambil sikap dengan memecat,”Kata Ajo Sapaan akrabnya.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *