Banner Bawah Utama

Pemkot Kotamobagu Lestarikan Tradisi Monuntul

Pemkot Kotamobagu Lestarikan Tradisi Monuntul

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Malam pasang lampu atau monuntul dalam bahasa Daerah sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, setiap kali menjelang hari raya idul fitri atau 4 hari sebelum berkumandangnya takbir. Hal ini bukan hanya sebatas tradisi, namun telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota dengan menjadikannya ajang perlombaan untuk menambah semarak.

Foto Istimewah

Malam pasang lampu ditahun 2018 atau 1439 Hijiriah, secara resmi dibuka oleh Pjs Walikota Kotamobagu, Muh Rudi Mokoginta, di lapangan olahraga Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

 

Nampak, Mokoginta usai melaksanakan sholat Magrib bersama jajaran Pemkot Kotamobagu dam warga Motoboi Kecil menuju lapangan dan menyalakan obor sebagai tanda dimulainya malam pasang lampu secara simbolis.

Malam Pasang Lampu, Kelurahan Motoboi Kecil

 

Mokoginta pada kesempatan tersebut mengatakan, monuntul bukan hanya sebagai tradisi namun Pemkot sudah menjadikannya festifal tahunan “Monuntul ini sudah ada sejak dulu, dan ini merupakan tradisi turun temurun, dan saat ini Pemerintah Daerah sudah menjadikannya sebagai festifal tahunan untuk dilombakan antara Kelurahan,”Kata Mokoginta.

 

Dalam perlombaan tersebut, Asisten II Pemprov Sulut ini mengungkapkan, Pemerintah menyiapkan hadia bagi Kelurahan atau Desa yang keluar sebagai Pemenang “Sebagai bentuk dukungan Pemerintah, tentunya ada hadia bagi yang keluar sebagai pemenang. Namun, perlu diingat bukan hadia yang menjadi tujuan kita, tapi bagaimana melestarikan tradisi para leluhur kita,”Ungkap Mokoginta. (Advetorial)

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *