Banner Bawah Utama

Halal Bil Halal Jadi Sarana Mempererat Tali Silaturahmi

Halal Bil Halal Jadi Sarana Mempererat Tali Silaturahmi

Bolmong,PilarSulut.Com – Saat ini umat muslim telah memasuki bulan syawal, yang artinya peningkatan, baik dari sisi hablumminallah dan hablumminannas. Kedua ini harus seiring sejalan, baik hubungan antara manusia dan Allah SWT serta hubungan manusia dengan manusia. Hubungan antara manusi dengan Allah diwujudkan dalam bentuk peningkatan spritualitas, sedangkan hubungan antara manusia dengan manusia diwujudkan dalam bentuk silaturahmi.

Sarana silaturahmi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan Halal Bil Halal yang telah menjadi tradisi umat islam secara turun temurun. Kegiatan ini sering dilaksanakan saat memasuki bulan syawal serta dalam suasana bulan ramadhan, dalam kegiatan ini umat muslim kembali disatukan untuk mempererat tali persaudaraan lewat Halal Bil Halal.

Kegiatan Halal Bil Halal secara besar besaran biasanya dilakukan oleh Pemerintah Daerah, untuk Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2018, Pemkab Bolmong melaksanakan Halal Bil Halal tingkat Kabupaten yang dipusatkan di lapangan Olahraga, desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow, didampingi Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang, Cherist Hariatie Mokoagow yang juga calon anggota DPD RI, para Asisten, pimpinan SKPD serta unsure Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dan para Camat, serta Sangadi.

Yasti dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Halal Bil Halal sebagai salah satu sarana menyempurnakan kemenangan dan kesucian umat Islam yang diraih setelah melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lain lain selama bulan Ramadhan “Dalam kaitannya hubungan sesama manusia, pada kesempatan ini kita membersihkan diri secara tulus dn ikhlas. Memberikan maaf dan meminta maaf, atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita lakukan,”Ucap Yasti.

Diakhir sambutannya, Yasti berharap seluruh umat Islam yang ada di Bolaang Mongondow untuk menjaga solidaritas sesama umat muslim “Saya berharap kepada seluruh umat Islam yang ada di Bolmong agar tetap memperat tali persaudaraan, sehingga solidaritas sesama umat isla dan toleransi antara umat beragama dapat terjalin dengan baik, karena yang hadir hari ini terdiri dari berbagai agama, etnis, dan budaya,”Harapnya.

Selain itu, Yasti juga menyampaikan kabar gembira bagi seluruh masyarakat Bolaang Mongondow, mantan anggota DPR RI ini berjanji pelaksanaan monuntul tahun depan akan lebih meriah, sebab dirinya akan menaikan besaran hadiayang akan diterima bagi desa/kelurahan yang masuk sebagai juara. Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Bolmong menyerahkan piala serta uang pembinaan bagi desa/kelurahan yang keluar sebagai pemenangan lomba monuntul tahun 2018. (Advetorial)

 

Penulis : Abdi F Sutomo

 

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *