Banner Bawah Utama

Diresmikan Sejak 1923 Masehi, GMIBM Kotamobagu Bisa Jadi Rujukan Wisata Religi

Diresmikan Sejak 1923 Masehi, GMIBM Kotamobagu Bisa Jadi Rujukan Wisata Religi

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Kotamobagu sebagai calon Ibu Kota Provinsi Bolaang Mongondow Raya rupannya menyimpan pesona wisata religi, sejumlah tempat ibadah yang dimasa masa penjajahan hingga saat ini masih berdiri kokoh dan bisa dinikmati masyarakat luas.

Diantaranya Mesjid Al-Huda di Desa Kopandakan 1, yang dibangun tahun 1926. Selain itu satu lagi tempat ibadah yang dibangun sebelum tahun tersebut, yaitu tempat ibadah umat kristiani yakni Gereja Masehi Injil Bolaang Mongondow (GMIBM) atau Gereja Pusat Kotamobagu.

Diketahui rumah ibadah yang terletak di Jln. Letjen S parman, Kelurahan Kotamobagu, tepatnya disamping Komando Distrik Militer (Kodim) 1303 Bolmong ini diresmikan pada tahun 1923 Masehi, hal ini berdasarkan penuturan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Muh Agung Adati.

Menurut Adati, gereja ini adalah yang tertua di Kotamobagu “Gereja Pusat Kotamobagu adalah yang tertua di Kotamobagu, diresmikan pada tanggal 25 Februari 1923 oleh Pendeta A. Vander Endt yang berasal dari Belanda,”Terangnya.

Menariknya, Adati mengungkapkan gereja tersebut masih dipertahankan keasliannya hingga saat ini “Sejak dibangun dan diresmikan, bangunanya masih beridiri kokoh dan masih dalam bentuk yang asli, belum pernah direhab kecuali lantai yang diganti dengan tehel. Ini bisa menjadi salah satu rujukan destinasi wisata religi di Kotamobagu, karena masih menyimpan nilai sejarah perkembangan agama kristiani di Kotamobagu, khususnya di BMR,”Ungkap Adati.

Terpisah, Wakil Ketua Kompelsus WKI Sinode GMIBM, Lanni Budiman menambahkan, meskipun umur gereja tersebut berusia tua, namun jemaat masih memanfaatkan untuk kegiatan kegiatan keagamaan “Masih sering digunakan dalam kegiatan keagamaan dan juga rapat. Gereja ini harus kita jaga bersama, karena nilai histori dari gereja ini selian itu sebagai salah satu ikon wisata religi di Kotamobagu,”Kata Budiman.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *