Banner Bawah Utama

Pensiunan PNS Ini Tekuni Bisnis Pembibitan Pertanian

Pensiunan PNS Ini Tekuni Bisnis Pembibitan Pertanian

Kotamobagu,PilarSulut.Com – Punya pengalaman bekerja di Dinas Perkebunan, Yance Mamangkey (62) pensiunan PNS Kabupaten Bolaang Mongondow, warga Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur ini mengisi kesehariannya dengan berbisnis pembibitan tanaman pertanian.

Usaha yang sudah lama ditekuninya ini cukup menjanjikan, bahkan sejumlah Daerah sudah menjadi pelanggan tetap dengan memesan bibit tanaman pertanian berupa bibit cengkeh, kakao, kopi, dan sayuran.

Menurut Yance saat ditemui awak media mengaku usahannya ini sangat dibutuhkan “Biasanya ada dari Pemerintah Provinsi memesan bibit. Setiap ada kegiatan pengembangan pertanian di BMR, Instansi terkait di Pemprov Sulut sudah melakukan pemesanan, bahkan dalam jumlah yang banyak,”Ucapnya.

Bahkan bukan hanya Instansi Pemerinta Daerah saja yang menjadi langganan tetapnya, Yance mengungkapkan dari beberapa Desa di BMR juga datang memesan “Dari pihak Desa juga ada yang datang memesan, katanya program Dana Desa (Dandes). Jumlah sekitar 80 ribu bibit,”Ungkapnya.

Disisi lain bisnis ini rupanya tidak hanya memberikan keuntungan bagi Pak Yance saja, namun berkat usaha ini, sebanyak 80 orang bisa mendapatkan pekerjaan. Sebagaimana penuturan Yance, dalam proses pembibitan pihaknya mempekerjakan 80 orang “Biasanya saya buat sampai 400 bibit, artinya saya harus mempekerjakan 80 orang, dengan besaran upah Rp 100 ribu perorang untuk 1000 folibek. Disamping itu, ada juga yang saya gaji setiap bulan. Artinya usaha ini juga memberikan dampak positif bagi orang lain,”Pungkasnya.

Hal tersebut juga turut dibenarkan Kepala Desa Moyag Tampoan, Halidun Tungil. Memang benar usaha yang digeluti  Yance cukup memberikan kesempatan kerja bagi warga Desa “Kita dorang setiap potensi yang ada, intinya memberikan kontribusi bagi masyarakat, Pemerintah Desa sangat mensupport,”Aku Tungil.

 

Penulis : Abdi F Sutomo

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *