Banner Bawah Utama

Pemprov Sulut Bakal Bangun Command Center Guna Mempermuda Masyarakat Mengakses Informasi

Pemprov Sulut Bakal Bangun Command Center Guna Mempermuda Masyarakat Mengakses Informasi

DR Jetty Pulu, Kadia Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah, Provinsi Sulut saat menjelaskan rencana pembangunan Command Center /ps

 

Manado, PilarSulut.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah, Provinsi Sulut bakal membangun Command Center. Pembangunan proyek tersebut merupakan sebagai wujud dalam mempermuda masyarakat untuk mengakses informasi terkait tatakelola pemerintahan di wilayah bumi nyiur melambai ini.

“Dengan adanya Command Center sebagai sarana pendukung pembangunan, masyarakat Sulut bisa mendapat informasi dengan penyatuan data dan informasi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov yang juga bisa diekspose para media,” ujar Kadis Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut, DR. Jetty Pulu saat melakukan pertemuan dengan awak media dalam rangka pelaksanaan Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 461 Tahun 2017 tentang Pembentukan Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi dan Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemprov Sulut, Rabu (23/5/2018) siang tadi.

“Dengan adanya Command Center sebagai sarana pendukung pembangunan, masyarakat Sulut bisa mendapat informasi dengan penyatuan data dan informasi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov yang juga bisa diekspose para media,” kata Pulu.

Dijelaskan Kadis Jerry Pulu, pembangunan Command Center yang akan menintegrasikan semua data ini masih dalam tahap pelelangan.

“Sekarang masih dalam proses lelang dengan anggaran dari Diskominfo Rp 9 Miliar. Pembangunannya akan kami kebut Agustus 2018 ini sudah selesai,”ungkap Pulu.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang bakal mengoperasikan Command Center, Dikatakan Pulu harus benar-benar professional dengan bukti sertifikat.

“Kami tidak main-main soal SDM. Mereka harus mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan ujian dari Pemerintah Pusat untuk sarjana-sarjana lulusan Informatika dan bagi siapa yang mendapat sertifikat itu harus diterima,” bebernya.

Lebih jauh dirinya menggambarkan, nantinya misalkan masyarakat akan melihat dan mengetahui informasi kualitas pelayanan puskesmas dari Dinas Kesehatan Sulut bisa langsung melihat detailnya secara terbuka silahkan ke Command Center dengan meng-klik aja Dinkes Sulut. Disitu masyarakat bisa melihat seberapa kualitas pelayanan yang dimaksud.

“Disini tinggal bagaimana SKPD-SKPD memberikan data sektoral nantinya akan disatukan dalam Command Center. Saya percaya SKPD pasti secara kompak menyatukan itu ke dalam aplikasi yang dinanti nantikan Pemprov ini,” jelas Jetty Pulu optimis. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *